A. Iklan Di Internet.
Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan. Salah satu jenis iklan yang terus berkembang dalam beberapa beberapa tahun terakhir jenis iklan di Internet.
Online Marketing (Iklan Internet) pada dasarnya adalah kegiatan komunikasi pemasaran dengan menggunakan media Internet. Pada awalnya menggunakan halaman-halaman berformat HTML yang bisa diakses oleh pengguna Internet. Itulah awal dari website yang kemudian menjadi ‘rumah kedua’ bagi perusahaan-perusahaan yang sudah eksis untuk menampilkan jati dirinya.
B. Sejarah Iklan Internet
Pesatnya perkembangan teknologi internet saat ini membuat berbagai lini kehidupan mulai melirik untuk menggunakan teknologi dunia maya ini. Semakin mudahnya dalam mengakses internet dan juga diiringi dengan semakin murahnya biaya yang diperlukan untuk terkoneksi membuat pengguna internet diberbagai dunia meningkat tajam setiap tahunnya. Bahkan mengalahkan pengguna radio dan televisi.
Mengingat banyaknya pengguna internet membuat perusahaan-perusahaan ataupun pemilik usaha mulai mencoba melakukan promosi terhadap produk/jasanya melalui Pasang Iklan di media ini. Hal ini pun juga memberikan peluang bagi beberapa orang untuk menyediakan jasa periklanan. Jasa periklanan terbaik di Indoesia adalah IdBlogNetwork karena mereka menawarkan cara beriklan di Internet dengan mudah
Pada masa lalu promosi dilakukan melalui media mesin pencari (search engine) dengan cara menampilkan contextual advertising(iklan teks) dari produk yang diiklankan pada urutan teratas hasil pencariaan dimana para pemasang iklan harus berkompetisi harga untuk mendapatkan peringkat teratas tersebut. Namun, hal ini membuat hasil pencarian tidak sesuai yang diinginkan oleh pencari.
Selanjutnya muncullah mesin pencari google yang memberikan gebrakan baru dalam dunia periklanan di internet. Google menampilkan hasil-hasil pencarian yang relevan dengan yang dicari oleh pengguna lalu pada waktu yang bersamaan iklan pun juga ditampilkan tapi pada bagian yang berbeda dari hasil pencarian.
Seiring berjalannya waktu, google pun menyadari bahwa tidak semua orang di seluruh dunia mengakses google. Oleh sebab itu, google membuat sebuah layanan yang bernama Google Adsense dan Google Adsword. Dengan adanya layanan ini para pemiliki website atau blog dapat bekerja sama untuk Pasang Iklan dari google di website/blog mereka dimana untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung website maka pemilik website akan mendapatkan sebagian komisi dari hasil pemasangan iklan tersebut. Dalam beberapa tahun terakhir Facebook mulai booming dan muncul sebagai raksasa internet yang setiap hari diakses oleh puluhan bahkan ratusan ribu penggunanya, dengan angka ini Facebook bisa dibilang merupakan cara beriklan di Internet yang efektif. Disini saya akan menjelaskan Beriklan melalui Google Adwords dan Facebook.
Google adwords adalah tempat untuk menampilkan iklan di google dan jaringannya. Sebagai pemasang iklan di dalam google adwords, anda hanya diharuskan membayar jika ada orang yang mengklik iklan yang yang ada. Tujuan utama pengguna iklan ini, google adwords membantu pengusaha kelas menengah yang ingin mengembangkan usaha bisnisnya ke pangsa pasar yang lebih luas atau internasional. Di luar negeri sudah banyak perusahaan yang menggunakan dan mengiklankan produk mereka lewat google adwords. Karena dalam masyarakat sana kepercayaan terhadap penggunaan internet cukup tinggi.
Di dalam internet marketing sistem kepercayaan memegang peran penting, orang akan membayar untuk membeli suatu produk ketika mereke melihat dan membaca suatu produk yang diiklankan melalui google adwords. Setelah itu mereka hanya menunggu barang itu datang.
Di Indonesia sistem kepercayaan seperti itu yang agak sulit diperoleh, masyarakat kita, tetap ingin melihat suatu produk terlebih dahulu baru berniat untuk membayarnya. Tetapi menurut data dari internal google, pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu 112 persen, menduduki deretan kelima se Asia, juga termasuk dari 20 negara pengguna internet dari seluruh dunia. Di tahun 2000 pengguna internet di Indonesia adalah 2.000.000 orang, pada akhir 2009 bertambah 10 juta menjadi 30 juta orang.
Ini membuktikan jika jangkauan yang bisa dicapai pengguna iklan melalui google adwords semakin meningkat, terbayang keuntungan yang dapat dicapai bila kita mengiklankan produk kita dengan menggunakan google adwords.
Dari kenyataan ini dapat diperoleh bahwa tingkat kepercayaan di dalam masyarakat indonesia sudah mulai tinggi, maka dari itu tidak salah jika sebuah perusahaan mengiklankan suatu produk dengan menggunakan google adwords karena cara ini termasuk cara beriklan di internet yang efektif dan efisien bagi setiap perusahaan.
Bagaimana dengan cara beriklan di internet?
Cukup dengan membuat iklan dan memilih kata sebagai kata kunci, kata yang terkait dengan produk yang anda pasarkan. Bila pengguna menggunakan google sebagai sarana dan menggunakan salah satu kunci yang anda buat, iklan akan muncul di samping hasil dari penelusuran.
Orang yang mengklik hanya untuk melihat data selengkapnya tentang anda. Jika mereka tertarik pada iklan yang ada, barulah anda membayar. Anda bahkan tidak memerlukan halaman website yang khusus untuk memulainya, google akan membantu membuatkan halaman secara gatis.
Google tetap dapat menargetkan calon pelaggan dan jaringan iklan yang ada. Di dalam google adwords anda tidak perlu menandatangani sebuah kontrak dengan instansi tertentu atau suatu ikatan pembelanjaan yang minimal. Anda dapat menyunting iklan sewaktu waktu dan menyesuaikan anggaran hingga mencapai hasil yang anda inginkan.
Google adwords juga dapat menjangkau pengguna internet saat mereka sedang mencari informasi tentang produk dan layanan secara online, dan mengarahkan mereka secara langsung ke halaman yang anda tawarkan.
Harga nya pun perklik, menjadikan anggaran mudah untuk di kontrol kemudian anda hanya membayar bila pengunjung mengklik iklan yang anda pasang tentang produk atau jasa yang anda tawarkan. Artinya setiap rupiah anggaran yang dikeluarkan itu hanya untuk menarik prospek baru. Kita akan mendapatkan benyak keuntungan karena mudah diterapkan.
- Beriklan di Facebook
“Indonesia saat ini telah menjadi “the Republic of the Facebook ”. Itulah headlines yang ditulis oleh Budi Putra mantan editor Harian Tempo yang dirilis oleh CNET Asia portal IT terkemuka di Asia pada awal bulan Januari 2009 lalu. Ungkapan ini terinspirasi oleh perkembangan penggunaan Facebook oleh masyarakat Indonesia yang mencapai pertumbuhan 645% pada tahun 2008. “Prestasi” ini menjadikan Indonesia sebagai “the fastest growing country on Facebook in Southeast Asia”. Bahkan, angka ini mengalahkan pertumbuhan pengguna Facebook di China dan India yang merupakan peringkat teratas populasi penduduk di dunia.
Demam Facebook menggejala di Indonesia, sebagaimana yang dilaporkan oleh Tempo Interaktif 9 Februari 2009, dimulai pada pertengahan tahun 2008. Bahkan disebutkan juga hingga pertengahan 2007 Facebook nyaris tak dilirik pengguna Internet. Lonjakan pengguna Facebook pada pertengahan 2008 dibuktikan dengan statistik Facebook sebagai situs ranking kelima yang paling banyak diakses di Indonesia. Luar biasanya lagi, “Indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum pada 2006 ini.”
Melihat sepakterjang Facebook yang semakin familiar dan digandrungi oleh pengguna internet di Indonesia, membuat kita bertanya-tanya, seperti apakah bentuk, daya tarik, dan kelebihan situs jaringan sosial yang telah menjadi trandsetter dalam dunia virtual ini. Dengan semakin meningkatnya popularitas Facebook di dunia jejaring sosial, maka keefektifan pemasangan iklan akan semain baik sehingga membuat Facebook menjadi salah satu cara beriklan di internet yang baik.
C. Blogger Sebagai Agen SOI (Sphere of Influencer)
Pada saat ini blog telah dijadikan sebagai sarana komunikasi alternatif. Blog telah menjadi salah satu jejaring sosial dalam dunia maya dan dapat meningkatkan hubungan dengan orang lain. Dalam hal ini usia, jenis kelamin dan pendidikan tidak menentukan isi dari blog, network size maupun penggunaan blog sebagai sarana pemelihara hubungan. Peningkatan pemakaian blog ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi internet dewasa ini. Internet memang telah dijadikan sarana untuk berkomunikasi, bahkan dikatakan bahwa internet dijadikan sebagai alat untuk mempertahankan hubungan.
Interaksi sosial merupakan salah satu prasyarat untuk menciptakan dan memelihara bentuk hubungan apapun. Sebagai sarana komunikasi, penulis blog memungkinkan mereka untuk menyebarkan informasi ke jaringan sosial mereka dengan mudah. Ketika keluarga dan teman-teman blogger menanggapi posting blog, perubahanpun dimulai, dan hal ini berfungsi untuk menjaga keberlangsungan hubungan. Untuk mengukur sejauh mana interaksi dua arah terjadi melalui blog, terdapat empat item yang dikembangkan. Peserta diminta berapa banyak mereka setuju dengan pernyataan berikut: "Teman-teman saya bicara dengan saya tentang blog saya posting secara pribadi," "Keluarga saya berbicara dengan saya tentang blog saya posting secara pribadi," "Teman-teman saya posting balasan di blog saya, "dan" Keluarga saya posting balasan di blog saya. " Item ini, yang mencakup mediated komunikasi komputer dan face to face, digabungkan untuk membentuk variabel pemeliharaan hubungan.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Michael A. Stefanone dari Department of Communication, University at Buffalo dan Chyng-Yang Jang dari Department of Communication, University of Texas, Arlingtonini menetapkan tujuannya untuk mengeksplorasi perbedaan peran individu dalam kaitannya dengan karakteristik jaringan sosial dan untuk menentukan sejauh mana konteks sosial adalah terkait dengan penerapan blog untuk tujuan interpersonal. Dikatakan bahwa kombinasi extraversion dan keterbukaan diri akan menyebabkan ikatan jaringan sosial yang lebih besar, yang pada akhirnya akan memotivasi orang untuk memanfaatkan blog untuk mempertahankan dan memperkuat hubungan yang telah mereka bangun.
Dengan menempatkan penggunaan teknologi dalam konteks sosial, ditetapkan bahwa blogger yang mempunyai banyak teman dekat, lebih banyak menggunakan blog untuk memelihara hubungan mereka dibandingkan dengan mereka yang hanya memilki sedikit teman dekat. Blogger yang mempunyai sifat extraversion dan keterbukaan diri cenderung memiliki ikatan jaringan sosial yang kuat dan lebih cenderung menggunakan sebagai alat komunikasi interpersonal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa blog telah diadopsi sebagai cara komunikasi untuk jaringan kontak yang kuat, mirip dengan email.
Kredibilitas blog memerlukan pembelajaran lebih lanjut dengna beberapa alasan; pertama blog telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari internet dan kedua,blog memiliki pengaruh yang besar terhadap pembacanya. Oleh karena itu, kredibilitas menjadi hal yang penting ketika blog begitu cepat berkembang dan menjadi “saingan” dari media online sebagai sumber berita utama. Banyak ahli yang berpendapat bahwa kredibilitas bukanlah karakteristik dari suatu media, pesan atau sumber , namun itu didasarkan pada persepsi penerima. Dan memang, penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas sumber online dapat dihubungkan dengan jenis sumber dikunjungi dan motivasi pengguna untuk mengakses sumber-sumber tersebut. Namun, meskipun persepsi penonton berperan penting dalam menentukan kredibilitas, hanya sedikit penelitian yang secara khusus dikaitkan dengan kredibilitas dan menggunakan teori kepuasaan.
Dari sini dapat disimpulkan, betapa pentingnya posisi blogger untuk menyebarluaskan berita/informasi/persepsi/insight tidak beda dampak /pengaruhnya dibandingkan dengan media mainstream di alam ranah online. Dengan demikian blog merupakan salah satu tempat yang bagus untuk melakukan promosi khususnya bisnis online.
D. Bagaimana Cara Beriklan Di Internet Melalui Blog?
Jawabannya sangat simple, yaitu menggunakan layanan IdBlogNetwork. IdBlogNetwork adalah media beriklan dengan cara melibatkan blogger-blogger Indonesia untuk membantu penyebaran/spread marketing campaign dengan cara pemasangan banner dan penulisan review/testimonial.
Media ini Didirikan 1 agustus 2010 oleh mereka yang berpengalaman dalam industri online media digital dan Teknologi Informasi, konsep idblogNetwork.com adalah menfasilitasi Advertiser/brand untuk melakukan kampanye marketing melalui jaringan blogger Indonesia. IdBlogNetwork menghubungkan para blogger dengan advertiser/brand melalui satu platform dan dapat diakses real time secara langsung untuk memantau kesuksesan sebuah digital campaign, sekaligus meningkatkan brand awareness, brand building, serta menjaga brand image melalui konsep "mouth to mouth" ala digital.
Sebelum IdBlogNetwork berdiri, media pasang iklan online persis hanya tertuju pada dua media, yakni Facebook dan Google Adwords yang mampu menggandeng produk/brand ternama. Sementara media iklan online lainnya hanya menjembatani hanya menampilkan produk perorangan berskala kecil untuk para publiashernya. Dalam hal ini, IdBlogNetwork membuat terobosan baru di dunia advertising online dengan menggandeng brand-brand ternama untuk melakukan campaign di jaringan publisher mereka.
Setidaknya sudah 5 Perusahaan besar yang telah dan sedang menggunakan IdBlogNetwork sebagai jalur brand marketing mereka :
- TELKOMSEL (Simpati - Googlemap Telkomsel - Kartu AS - IPHONE 4 Telkomsel)
- XL (XL Blackberry Free Roaming)
- TELKOM Flexi (Flexi Irit 5000)
- Nokia (Promo Nokia Ovilife Tools, Nokia N8, Nokia E5, Nokia Funaholic Icon Search)
- Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI.
Kepercayaan lima perusahaan besar tersebut tidak lain karena IdBlogNetwork yang terpercaya dalam bisnis online ini dan didukung oleh jaringan blog serta situs yang sangat solid dan kuat, berkualitas dan mempunyai efek langsung kepada pembacanya yang merupakan target pasar perusahaan-perusahaan tersebut sehingga ilang pun bisa efektif diserap oleh pembaca. Mengapa IdBlogNetwork? IdBlogNetwork Jaringan high quality blogs (No SARA + No Adult content) yang memiliki traffic tinggi, konten orisinal dan memiliki passion dalam dunia blogging serta opportunities yang luas bagi advertiser/brand untuk langsung "menyentuh" target konsumen mereka.
Jadi, Jika anda berminat untuk memulai bisnis dengan beriklan di Internet, saat ini hanya IdBlogNetwork Cara Beriklan Di Internet yang termudah dan bisa dipercaya.
0 comments:
Post a Comment