Tuesday, February 15, 2011

Book "28 Hari untuk Selamanya"


Browse » Home » » Book "28 Hari untuk Selamanya"

Awalnya adalah percakapan via Yahoo! Messenger pada sebuah siang. Antara dua blogger @ndorokakung (http://ndorokakung.com) dan @beradadisini (http://beradadisini.wordpress.com). Dan setelah beberapa menit berlalu, diselingi jeda akibat kesibukan pekerjaan masing-masing, obrolan yang melantur ke mana-mana itu tiba-tiba berbelok tajam seperti elang di angkasa menyambar tikus di selokan.

Bagaimana kalau kita duet bikin cerita bersambung?” dia bertanya.
Siapa takut?” saya balik bertanya.

Kami memang pernah beberapa kali membuat posting yang saling berkaitan tanpa direncanakan di blog masing-masing. Saya pikir, duet membuat cerita bersambung lagi tak akan terlalu sulit.

Saya tahu, Hanny adalah penulis yang bagus. Cara berceritanya mengalir lancar, jujur, dan bagian akhirnya kerap tak terduga. Pilihan katanya memukau. Pandangan-pandangannya tentang pelbagai masalah selalu mencengangkan. Imajinasinya pun luas.

Maka jadilah sepanjang siang itu kami membahas rencana duet membuat cerita secara bersama. Temanya klise tapi tak lekang dimakan zaman: tentang cinta, relasi antara seorang lelaki dan perempuan.

Duet itu maujud dalam bentuk dua blog serupa tapi tak sama, Perempuanku dan Lelakiku. Siapa menulis yang mana, sampean pasti mampu menebaknya.

Kami memakai tagline untuk blog itu 28 Hari untuk Selamanya. Mengapa 28 hari? Karena kebetulan kami mengerjakan proyek bersama ini selama bulan Februari yang umurnya tahun ini hanya 28 hari. Tapi kami ingin karya bersama ini abadi, selamanya. Tsaaah…

Salah satu dari kami memulai kisah dalam blog itu dengan posting bertajuk Pada Senja Ini. Lalu yang lain lalu ganti membalasnya dengan posting berjudul Bintang. Begitu seterusnya. Tapi kami saling membebaskan. Tak ada ketentuan siapa harus menulis apa dan bagaimana menuliskannya. Kami hanya menyepakati tema, fokus, dan sudut cerita. Selanjutnya terserah kami masing-masing untuk mengembangkannya.

Nah, setiap kali ada posting baru, kami menyiarkannya di Twitter dengan hashtag #28hari. Itu sebabnya sampean kerap melihat di timeline saya bertebaran kata kunci itu. Dan membuat sampean penasaran ya?

Tentu saja jalan yang kami lalui untuk membuat blog itu tak selalu mulus. Ada saja kendala yang membuat proses bertukar cerita itu tersendat. Dan membuat kami tak bisa setiap hari menulis. Hanny bahkan sempat pakansi sepekan lebih ke Vietnam. Akibatnya proyek itu ikut terhenti sementara.

Dengan susah payah, toh proyek itu akhirnya kelar juga persis pada 14 Februari 2010. Kami berencana mengumpulkan seluruh tulisan di kedua blog itu menjadi satu kesatuan, lalu dibagikan secara gratis dalam bentuk ebook. Kami telah selesai. Giliran sampean, membaca, menikmati, dan memberi komentar. Kami akan mendengarkannya dengan hati terbuka. Seperti musim semi yang bercahaya. *Penulis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp