Wednesday, May 11, 2011

Book "Pelangi dan Rembulan"


Browse » Home » » Book "Pelangi dan Rembulan"

Sebuah kampung nelayan miskin, para nelayan yang putus asa untuk mengubah keadaan, sarana pendidikan yang buruk, guru yang kaku lagi menakutkan, dan, dua orang pemuda yang datang tiba-tiba dengan membawa sesuatu yang tampaknya akan menjadi titik awal perubahan. Semua itu bergulat dalam waktu yang sangat singkat untuk menemukan jawabannya: lima hari saja.

Kisah novel ini settingnya di Kampung Somor, sebuah kampung nelayan terpencil dan miskin. Di sanalah perjuangan yang menentukan itu terjadi. Hirzi seorang gadis lulusan SMA adalah satu-satunya warga terpelajar di kampung Somor. Dia dengan susah payah mendirikan TPA dengan bantuan pamannya yang merupakan kamituwo di sana. Akan tetapi, kerja kerasnya yang tulus ikhlas tidak berjalan lancar, murid-muridnya menunjukkan ketidak sukaannya pada pembelajarannya. Di samping itu, kampung Somor juga terjebak dalam kesultan ekonomi yang tak bersolusi; melaut tidak bisa meningkatkan taraf hidup, merantau, terlalu jauh dan beresiko.

Pada saat itulah, Amar dan Arul datang ke desa tersebut. Amar yang pengusaha membuka peluang usaha baru yang menjanjikan secara ekonnomis bagi warga. Dan Arul, dia yang memang memiliki jiwa pendidikan yang besar, serta merta menerjunkan diri ke TPA untuk ‘membantu’ mengajar. Tapi Hirzi, sang ustadzah, tidak suka dengan keberadaan Arul yang meurutnya malah mengacau. Arul bergeming, dia tetap datang ke TPA karena dia tahu, murid-murid di sana menyukainya dan cara mengajarnya! Perlahan, Arul membuka mata Hirzi tentang seni mengajar. Dan seiring berkembangnya kepercayaan di antara mereka, benih-benih halus pun mulai bertebaran.

Kekuatan novel ini terletak pada kekuatan ide cerita, alur yang menggemaskan dan menantang, unsur budaya serta penulisannya yang kocak dan enak dibaca.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp