Tuesday, May 3, 2011

Orang Dewasa Juga Butuh Imunisasi


Browse » Home » » Orang Dewasa Juga Butuh Imunisasi

Orang Dewasa Juga Butuh Imunisasi
Pemberian imunisasi pada orang dewasa terbukti mampu mencegah serangan berbagai penyakit. Imunisasi merupakan salah satu bentuk pencegahan penyakit yang efektif, mudah, serta murah. Dengan imunisasi, seseorang akan memiliki kekebalan terhadap penyakit tertentu. Contohnya cacar, yang dahulu merupakan penyakit yang sangat ditakuti, sekarang berhasil dibasmi berkat imunisasi massal.

Pemberian imunisasi berangkat dari kejadian yang sudah lewat. Awalnya dari mortalitas (angka kematian) dan morbiditas (angka kesakitan) suatu penyakit. Salah satu contohnya adalah penyakit influenza. Ternyata, angka kematian akibat influenza mencapai 20 ribu dan morbiditasnya 200 ribu per tahun. Ini akan sangat mengganggu produktivitas orang dewasa. Nah, salah satu upaya pencegahannya adalah dengan imunisasi. Dengan adanya imunisasi, mortalitas dan morbiditas influenza jadi berkurang. 

Imunisasi adalah induksi untuk merangsang sistem imun tubuh untuk membentuk pertahanan tubuh terhadap jenis virus atau bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh. Dengan membentuk sistem imun sebelum virus atau bakteri benar-benar masuk, tubuh akan mampu membentuk sistem imun dengan cepat, sehingga akan menurunkan, menunda, atau menghentikan terjadinya angka kesakitan.

Faktor HALO
Imunisasi pada orang dewasa memang belum sepopuler imunisasi pada anak. Padahal, imunisasi pada orang dewasa tak kalah penting dan terbukti sangat efektif mencegah penyakit. Bahkan, menurut American Society of Internal Medicine, imunisasi pada orang dewasa dapat mencegah kematian 10 kali lipat dibandingkan pada anak.

Ada banyak vaksinasi untuk orang dewasa, misalnya MMR, Tetanus dan Diphteri, Influenza, Pneumokok, Hepatitis A dan Hepatitis B, dan sebagainya. Imunisasi pada orang dewasa sifatnya sangat optional , tetapi suatu waktu bisa jadi akan menjadi vaksin wajib untuk orang dewasa. Misalnya, influenza. Bayangkan jika seorang karyawan terkena influenza dan tidak bekerja selama seminggu. Tentu akan sangat mengganggu produktivitas kerjanya.

Untuk menilai apakah seseorang memerlukan jenis vaksinasi tertentu, harus dilihat faktor HALO-nya. HALO adalah singkatan dari Health (kesehatan), Age (usia), Lifestyle (gaya hidup), dan Occupacy (pekerjaan). Faktor kesehatan yang perlu dipertimbangkan misalnya, apakah klien menderita penyakit kronis (jantung, diabetes, kanker, dan sebagainya), sedang hamil, memiliki riwayat STD (sexual transmission disease /penyakit seks menular), menderita penurunan imun termasuk HIV, dan sebagainya.

Faktor usia antara lain apakah klien termasuk usia dewasa produktif ataukah sudah tidak produktif. Kebutuhan vaksinasi orang usia produktif tentu berbeda dengan usia lanjut. Pada usia tidak produktif, vaksinasi sudah harus lebih digalakkan karena sudah gampang sakit.

Faktor gaya hidup misalnya apakah seseorang menyukai seks bebas atau tidak, menyukai traveling atau tidak, dan sebagainya. Ini akan menentukan jenis imunisasi yang diperlukan. Misalnya pada klien yang menyukai seks bebas, maka paparan yang paling sering adalah Hepatitis B dan STD, maka ia perlu vaksinasi HPV dan Hepatitis B, misalnya. Jenis pekerjaan juga menentukan jenis vaksinasi yang dibutuhkan misalnya, faktor risiko seorang dokter tentu berbeda dengan seorang karyawan kantoran, sehingga jenis vaksinasi yang dibutuhkan juga berbeda.

Nah, keempat faktor HALO inilah yang akan membantu klien atau petugas kesehatan dalam memutuskan jenis vaksinasi yang akan diberikan. Selain HALO, ada variabel lain yang juga perlu dilihat, seperti riwayat vaksinasi, penyaringan terhadap kontraindikasi, dan sebagainya.

Cegah Efek Samping
Seperti halnya imunisasi pada anak-anak, efek samping imunisasi pada orang dewasa juga selalu ada, tidak bisa 100 persen aman. Ini yang disebut KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi) atau AEFI (Adverse Events Following Immunization ). Akan tetapi, KIPI sangat jarang terjadi, karena imunisasi sebetulnya sangat aman, sepanjang semua prosedur dijalankan dengan benar.

Efek samping yang muncul pasca-imunisasi bisa bersifat lokal dan sistemik. Lokal misalnya muncul merah-merah di kulit, atau gatal-gatal di luka bekas suntikan. Sementara efek samping sistemik terjadi di seluruh tubuh, misalnya demam, atau gatal-gatal seluruh tubuh. Kalau efek sampingnya lokal, dilihat lagi apakah penyuntikannya betul, jarum suntiknya tepat, dan sebagainya.

Selain tempat, efek samping juga bisa dilihat dari durasinya, apakah munculnya akut (cepat) atau kronik (jangka panjang). Misalnya, begitu diimunisasi langsung timbul reaksi, atau baru beberapa hari kemudian muncul gatal-gatal? Yang harus dilihat pertama kali adalah kondisi pasien, fit atau tidak pada saat vaksinasi. Jika pada saat itu ia sedang demam, pemberian vaksin tentu akan membuatnya makin demam. Kemudian, apakah klien alergi telur? Bagaimana dengan tenaga kesehatannya, bener e nggak nyuntiknya ? Alatnya steril, enggak? Pakai sarung tangan enggak? dan sebagainya.

Untuk mencegah efek samping, maka dibuatlah prosedur baku dengan melakukan check list . Setiap orang yang akan diimunisasi harus di-check list , misalnya apakah ia alergi terhadap telur? Karena basis dari pembentukan imunoglobin adalah protein yang mirip telur. Kalau alergi telur, klien tidak akan diberi imunisasi, kecuali penting banget. Check list lain misalnya persiapan alat, penggunaan sarung tangan, dan sebagainya. Jika ini dilakukan, maka kejadian KIPI pasti akan bisa dihindari.

Hati-hati Wanita Hamil
Imunisasi pada wanita yang tidak hamil sebetulnya sama dengan imunisasi pada laki-laki. Salah satu yang penting adalah imunisasi Human Papiloma Virus (HPV) untuk kanker serviks. Sekarang sudah ditemukan imunisasi HPV yang jenisnya tidak hanya untuk kanker serviks, tapi juga untuk penyakit lain, misalnya penyakit kelamin pada laki-laki.

Berbeda dengan perempuan yang tidak hamil, vaksinasi tidak dianjurkan pada wanita hamil. Pada saat hamil, terjadi perubahan pada seluruh tubuh wanita, termasuk pada sistem imun, yang menyebabkan wanita hamil rentan terkena infeksi. Imunisasi pada wanita hamil rentan, karena berhubungan dengan janin di dalam kandungan. Beberapa jenis vaksinasi juga kontraindikasi, seperti Varisela dan MMR. Pemberian vaksin Influenza pada wanita hamil juga harus hati-hati, kecuali pada kondisi yang sangat krusial.

Jadi Pada saat hamil, pemberian vaksin sebaiknya hati-hati dan kalau bisa dihindari. Ada baiknya, wanita sudah mendapat vaksinasi sebelum kehamilan. Beberapa jenis vaksinasi prakehamilan yang dikenal antara lain MMR, Tetanus toxoid (TT), Hepatitis B, dan HPV.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp