Monday, April 18, 2011

Hitung Denyut Nadi Saat Berolahraga


Browse » Home » » Hitung Denyut Nadi Saat Berolahraga

Anda suka berolahraga, tetapi apakah Anda selalu mengukur denyut nadi? Menghitung denyut nadi penting dilakukan karena dari sini bisa diketahui intensitas atau seberapa keras seseorang melakukan latihan. Atau seberapa keras jantung bekerja.

Lokasi yang umum digunakan untuk menghitung denyut nadi adalah pada pergelangan tangan bagian dalam. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk meraba. Lokasi lain, daerah leher satu jari di bawah tulang rahang bawah. Setelah denyutan terasa dengan jelas, hitung selama 10 detik. Untuk mendapatkan denyutan dalam satu menit, angka yang diperoleh dikalikan 6. Misalnya jika dalam 10 detik, denyutan yang terasa adalah 12, maka jumlah denyut nadi dalam 1 menit adalah 12 x 6 dan hasilnya 72 x/menit.

Kalau denyut di atas 100, berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan Anda. Mungkin Anda sedang sakit demam, sakit tenggorokan, dan masalah lain. Sebelum berolahraga, biasakan mengukur denyut nadi. Bila di atas 100, sebaiknya Anda istirahat berolahraga.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp