Sunday, October 24, 2010

Antioksidan Tidak Bisa Mencegah Penuaan Dini


Browse » Home » » Antioksidan Tidak Bisa Mencegah Penuaan Dini

Diet dan krim antioksidan mungkin telah  berbuat "curang" dalam mengklaim bahwa antioksidan dapat berguna untuk mencegah penuaan penuaan dini, dalam penelitian terbaru disimpulkan bahwa dengan menggunakan cacing Nematoda yang diberikan antioksidan, bahkan para ilmuwan juga meneliti dalam antioksidan untuk menangani jaringan merusak "radikal bebas" pada cacing Nematoda, tidak membuat hidup cacing ini lebih lama.

Tim dari University College London mengatakan, dalam the Genes and Development journal,, "tidak ada bukti yang jelas" bahwa antioksidan bisa memperlambat penuaan. Antioksidan adalah sebuah "industri" utama dalam masalah kecantikan dan kesehatan. Hal initelah didasarkan pada teori 50 tahun tanpa ada bukti yang konkrit.
Pada tahun 1956, disimpulkan bahwa penuaan disebabkan oleh build-up kerusakan molekul yang disebabkan oleh bentuk-bentuk reaktif dari oksigen, yang disebut superoxides atau radikal bebas, yang beredar dalam tubuh. Ini dikenal sebagai stres oksidatif.

Antioksidan seharusnya bekerja untuk menyerap radikal bebas, mengurangi kerusakan molekul tersebut. Hasil penelitian dalam minggu ini bisa menjelaskan mengapa banyak penelitian yang bertujuan membuktikan teori antiokasidan sebagai zat anti-aging hasilnya kurang menyakinkan 

Cacing  Nematoda 
Cacing Nematoda kecil adalah "alat" yang berguna bagi para ilmuwan yang ingin menjelajahi cara kerja tubuh kita. Mereka "berbagi" banyak gen dengan manusia, dan yang terpenting memiliki umur harian, yang memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan petunjuk tentang perubahan jangka panjang.

Tim UCL yang dipimpin oleh Dr David Gems, nematoda dimanipulasi secara genetik sehingga tubuh mereka mampu menghilangkan kelebihan radikal bebas di dalam tubuh mereka. Menurut teori, ini harus lebih memberikan mereka keuntungan nematoda normal dalam hal penuaan dan umur.

Namun, cacing hanya bertahan hidup sama seperti cacing yang lain tanpa manupulasi, hal ini menunjukkan bahwa "stres oksidatif" adalah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi umur sel-sel dan jaringan tubuh. Menurut Dr Gems "Kenyataannya adalah kita tidak mengerti banyak tentang mekanisme dasar dari penuaan, Teori radikal bebas yang telah dipercaya oleh sains selama lebih dari 50 tahun ini, tetapi tidak ada bukti yang kuat yang bisa membuatnya "berdiri."

"Jelas bahwa jika superoksida yang terlibat, hanya memainkan sebagian kecil dalam erusakan oksidatif jelas bukan penyebab utama dari proses penuaan." Dr. Gems mengatakan diet yang sehat dan seimbang sangat penting untuk mengurangi risiko proses penuaan dan hal yang verkaitan dengannya seperti kanker, diabetes dan osteoporosis, tetapi tidak ada bukti jelas bahwa antioksidan dapat memperlambat atau mencegah penuaan, dan bahkan tidak ada bukti kuat yang mendukung mendukung klaim yang dibuat oleh pil antioksidan dan krim.

Penelitian ini didukung oleh Wellcome Trust, dan Dr Alan Schafer, kepala ilmu molekuler dan fisiologis, mengatakan: "Penelitian seperti ini menunjukkan berapa banyak kita harus belajar tentang penuaan, dan pentingnya memahami mekanisme di balik proses ini . "

Seorang juru bicara British Dietetic Association mengatakan bahwa ia kesulitan untuk menemukan bukti untuk mendukung antioksidan dari studi sebelumnya. Dia berkata: "Semua bukti telah datang dari studi epidemiologi melihat pola makan secara keseluruhan di mana ada beberapa tanda bermanfaat bagi orang-orang yang diet dengan antioksidan, tetapi juga yang diet-diet bermanfaat lainnya."

Sedangkan seorang juru bicara Cosmetic Toiletry and Perfumery Association mengatakan perusahaan kosmetik melakukan penelitian dan studi ilmiah yang ketat untuk memastikan klaim yang didukung oleh bukti kuat. "Temuan pada genetika cacing nematoda tertentu mungkin tidak langsung relevan dengan proses penuaan yang kompleks seperti yang terjadi pada hewan tingkat tinggi seperti manusia" 

Pamela Mason, dari The Health Supplements Information Service, mengatakan: "Antioksidan vitamin, seperti vitamin lainnya tidak pernah dimaksudkan untuk pencegahan penyakit kronis dan kematian  "Mereka ini ditujukan untuk pemeliharaan kesehatan berdasarkan berbagai peran mereka fisiologis dalam tubuh dan dalam hal vitamin antioksidan, ini tidak, dalam jumlah yang sesuai, termasuk efek antioksidan sebagai pelindung dalam jaringan tubuh bukan sebagai pencegah penuaan dini.

Mencegah penuaan mungkin tidak semudah yang kita pikirkan.

Sumber: BBCNews.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp