Monday, August 16, 2010

Deteksi Kanker Melalui Pernapasan


Browse » Home » » Deteksi Kanker Melalui Pernapasan

Penyakit kanker seringkali sulit dideteksi sejak dini. Pasien biasanya datang berobat ke dokter sudah dalam kondisi parah atau stadium lanjut sehingga sulit untuk disembuhkan. 

Tetapi kini ada sebuah harapan baru dalam mendeteksi kanker secara dini. Para ilmuwan di Israel berhasil mencitakan suatu metode skrining pernapasan yang dikalim mampu mendeteksi empat jenis kanker paling umum diderita yakni kanker paru, payudara, perut dan prostat.

Adalah Profesor Abraham Kuten dari Technion Israel Institute of Technology di Haifa, Israel, yang mengembangkan deteksi kanker lewat pernafasan ini. Hasil temuannya ini diterbitkan dalam edisi terbaru British Journal of Cancer.

Kuten dan timnya menyatakan optimistis, pada suatu hari nanti akan hadir semacam sensor elektronik portabel yang dapat membantu para dokter mendeteksi gejala kanker melalui hembusan nafas.

Dalam risetnya, para ahli dari Israel ini melibatkan 177 sukerelawan yang terdiri dari orang sehat dan pasien pengidap kanker dengan jenis berbeda-beda.  Hasil riset menunjukkan bahwa sensor "electronic nose" yang diciptakan Kuten mampu mendeteksi zat-zat kimia yang dihasilkan sel-sel tumor yang muncul dalam pernapasan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa "electonic nose" dapat membedakan antara napas yang sehat dan nafas yang terindikasi berbahaya, dan juga dapat membedakan jenis kanker peserta dari jenis nafasnya.

Jika Technion Israel Institute of Technology dapat memastikan hasil temuan ini dalam studi berskala besar, teknologi baru ini dapat menjadi alat sederhana untuk diagnosis gambaran kanker sejak dini. Ini juga akan menjadi cara mudah untuk menilai dan memantau efektivitas pengobatan kanker dan mendeteksi efektivitas pengobatan kanker serta mendeteksi kekambuhan kanker.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


1 comments:

Rokok Elektrik Shop on August 22, 2010 at 5:45 PM said...

Mantap artikelnya gan, salam kenal

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp