Wednesday, February 8, 2012

Tips Hemat Listrik Lemari Es (Kulkas)


Browse » Home » » Tips Hemat Listrik Lemari Es (Kulkas)

Lemari es (kulkas) terkenal dengan konsumsi listriknya yang besar. Untuk sedikit berhemat, alat yang satu ini membutuhkan perawatan  ekstra dengan memperhatikan bagian-bagiannya. Walaupun demikian, pembelian lemari es yang baru adalah suatu pembelian peralatan dapur yang utama. Sekarang ini, membeli kulkas jauh lebih mudah karena beragam keunggulan sudah ada di kulkas yang paling murah sekalipun.

Di sini FaiK Share akan memberikan beberapa tips agar lemari es Anda hemat energi :

  • Baca petunjuk buku terlebih dahulu, Anda akan menemukan berbagai tips untuk membantu Anda untuk menggunakan lemari es yang lebih efisien.
  • Jika debu atau rambut binatang kesayangan berkumpul di bagian mesin dan motor lemari es, motor harus bekerja lebih keras dan akan menggunakan banyak listrik.
  • Bersihkan mesin dan motor lemari es secara teratur, dan meyakinkan bahwa udara dapat beredar dengan bebas disekitarnya.
  • Karena motor dan penekanan menghasilkan panas, Anda harus meluangkan ruang yang cukup disekitar lemari es Anda untuk udara agar beredar dengan bebas. Jika panas tidak bisa keluar, sistem penyejuk harus bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak listrik.
  • Jika mengisi lemari es, pastikan Anda tidak memuat hingga melewati pintu dan rak lemari es. Jika udara tidak bisa beredar di lemari es, pemakaian energi akan menjadi kurang efisien.
  • Meyakinkan bahwa karet penutup disekitar pintu bersih dan ditutup rapat. Jika menutup pintu, karet penutup harus bisa memegang selembar kertas pada tempatnya. Jika kertas dengan mudah keluar, berarti sudah waktunya untuk mengganti karet tersebut.
  • Menghindari lemari es Anda dari sumber panas dan sedikitnya berjarak 5 hingga 7 cm dari dinding sehingga udara dapat beredar
  • Tempatkan  kulkas di tempat sejuk, jangan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau sumber-sumber panas lainnya karena tidak baik untuk mesin.
  • Atur jarak antara kulkas dan dinding di sekitarnya. Minimal 10-15 cm dengan dinding dan sekitar 30 cm dengan langit-langit. Jika diletakkan di ruang sempit, mesin akan menjadi cepat panas dan beban kerjanya menjadi lebih berat. Harus ada cukup ventilasi.
  • Sebisa mungkin untuk tidak terlalu sering membuka dan menutup kulkas. Lampu yang menyala saat pintu dibuka akan menghabiskan energi. Jangan terlalu lama membuka pintu kulkas.
  • Pastikan pintu tertutup dengan baik. Kulkas terus bekerja mendinginkan makanan sesuai temperatur yang sudah ditentukan, tapi udara dinginnya terbuang percuma. Kalau kulkas berada dalam posisi miring, ada kemungkinan pintunya tidak akan tertutup dengan sempurna.
  • Stel dan aturlah temperatur sesuai dengan kebutuhan. Semakin rendah temperatur (semakin dingin), semakin banyak energi yang diperlukan kulkas untuk proses pendinginan. Sebaiknya Anda menyetel tombol temperatur satu level di atas garis tengah saja.
  • Matikan fungsi-fungsi tambahan kulkas jika tidak membutuhkannya. Makin banyak fungsi yang diaktifkan, makin besar energi yang dikonsumsi dan biaya yang dikeluarkan. Tak perlu membeli kulkas terlalu canggih apabila tidak yakin akan memanfaatkan fungsi-fungsi tersebut.
  • Jangan  menyimpan makanan panas atau hangat dalam lemari es. Tunggulah hingga makanan itu dingin. Makanan atau minuman panas turut memengaruhi suhu dalam kulkas dan menyebabkan kerja mesin bertambah berat.
  • Cek  sekat karet yang menempel di pintu. Biasanya sekat ini akan mengendur seiring berjalannya waktu. Udara luar bisa mudah masuk dan mengacaukan suhu di dalam. Mesin kulkas akan bekerja lebih keras mendinginkan isi kulkas sesuai dengan temperatur yang sudah ditentukan. Lakukanlah perbaikan apabila ada lubang lain yang memungkinkan udara luar masuk.
  • Matikan kulkas jika Anda dan keluarga hendak bepergian ke luar kota selama beberapa waktu. Buka sedikit pintu kulkas agar bagian dalam tidak lembab dan bau.
  • Selalu Bersihkan bagian-bagian kulkas secara teratur agar kerja mesin jadi ringan. Debu dapat menyumbat saluran pembuangan dan udara sehingga mengakibatkan mesin harus bekerja lebih keras. Biaya yang keluar pun lebih banyak.5



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp