Friday, July 1, 2011

Google+, Senjata Terbaru (Lagi) Google Melawan Facebook


Browse » Home » » Google+, Senjata Terbaru (Lagi) Google Melawan Facebook

Google baru saja meluncurkan Google+ (Google Plus), yang merupakan layanan jejaring sosial baru. Layanan tersebut (lagi-lagi) diyakini bakal menjadi pesaing kuat bagi rival raja situs jejaring sosial Facebook. Sebelumnya, Google beberapa kali sudah berusaha menantang Facebook dengan membuat Google Buzz, Orkut, dan Google Wave. Sayapun selalu membuat akun di setiap layanan Google tersebut tetapi semua situs jejaring sosial buatan Google itu gagal meraih sukses. Kini Google menantang Facebook lagi dengan Google+ dengan alamat htttp://plus.google.com. Apakah kali ini Google akan mengalami nasib yang sama? Terkapar saat menghadapi Facebook?

Peluncuran Google+ ini menjadi pertaruhan Google untuk masuk ke pertarungan jejaring sosial. New York Times menulis Google+ sepertinya terlambat masuk ke kancah ini. Menurut datacomScore, pada Mei tahun ini, sebanyak 180 juta orang mengunjungi situs Google termasuk YouTube. Angka ini memang lebih besar dari Facebook yang dikunjungi 157,2 juta orang. Namun, para Facebooker rata-rata menghabiskan waktu 375 menit. Adapun pengunjung Google hanya menghabiskan waktu 231 menit.

Apa dan Bagaimana Google Plus itu? Mari kita bahas bersama, jejaring sosial milik Google ini membuka ruang bagi para penggunanya untuk membagi foto, pesan, dan komentar seperti layaknya di Facebook. Google juga menambahkan layanan peta dan images dalam Google+ ini. Google pun mengklaim, jejaring sosialnya ini akan memudahkan orang untuk mengatur kontak tanpa membuat grup.

Dengan produk anyarnya ini, Google tak mau gagal lagi. Manajemen menawarkan fitur-fitur yang menjadi andalan mereka yaitu:
  • Circles. Google menyebutnya Circles. Pada dasarnya ini adalah pengelompokan kontak berdasarkan kategori tertentu. Anda tetap bisa berbagi namun di saat yang sama Anda juga bisa mengendalikan pada siapa saja Anda akan sharing. Cara kerjanya intuitif. Anda tinggal drag and drop tiap nama ke dalam Circles yang Anda buat. Proses ini bisa berlaku sebaliknya juga. Anda bisa dengan mudah memindahkan contact Anda ke 'lingkaran' yang lain. Pada masing-masing Circles ada label jumlah penghuni dan yang menarik, saat Anda memindahkan contact ke Circles yang lain akan ada animasi yang tak hanya cantik tapi juga informatif.

  • Hangouts. Yang ini sebenarnya adalah fitur chat. Bedanya, yang ini menggunakan fitur video. Cara kerjanya pun dibalik. Kalau biasanya Anda 'mengundang' orang untuk video chat, Hangouts ini justru sebaliknya. Anda tinggal klik start a hangout dan Anda masuk ke chatroom kosong. Di saat yang sama sebuah pesan berisi info kalau Anda sedang 'hangout' akan terkirim ke semua lingkaran sosial Anda. Dengan begitu, siapa yang berminat bisa langsung bergabung. Hangouts ini bisa menampung sepuluh orang sekaligus dan kalau masih ada yang berminat, mereka bisa antre sampai salah satu peserta ada yang memutuskan keluar. Lalu kalau ada sepuluh orang dalam satu chatroom, bagaimana Google membagi ruang buat mereka. Sederhana, siapa yang sedang berbicara akan otomatis masuk ke chat screen. Saat ada orang lain yang berbicara, otomatis layar utama akan digantikan orang yang sedang berbicara. Siapa yang bicara lebih lantang, dia yang akan menghuni layar utama.

  • Instant Upload. Ini tempat sharing foto. Prosesnya juga tak rumit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil gambar yang Anda inginkan dan secara otomatis gambar atau bahkan video yang Anda rekam akan disimpan di Google+. Koleksi gambar dan video ini akan bertahan di sana dalam kondisi private sampai Anda memutuskan akan 'share' dengan siapa.
  • Sparks. Sparks ini sebenarnya adalah koleksi artikel, video, gambar atau konten lain yang dikelompokkan berdasarkan interest. Data ini bergantung pada fitur Google yang lain seperti Google Search. Misalnya saja Anda mencari dengan kata kunci Movie, Sparks akan menampilkan semua konten yang masuk dalam kategori ini. Anda bisa menambahkan interest ini dan untuk selanjutnya Anda tinggal klik kata kunci yang sudah berjajar di sebelah kiri. Ini bukan search engine karena di saat yang sama Anda juga bisa berbagi informasi ke rekan-rekan Anda yang ada di dalam Circles tadi.
  • Huddle. Pada dasarnya Huddle ini adalah group chat. Anda bisa berdiskusi seperti saat Anda menggunakan fitur conference pada Yahoo! Messenger. Sepertinya ini adalah fitur GTalk yang diintegrasikan dalam Google+. Yang pasti, Google+ ini bakal tersedia untuk pengguna Android meskipun untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi lain masih harus bersabar menunggu. Bosan dengan fitur yang ditawarkan Facebook dan Twitter? Kenapa tidak mencoba mengenali dulu cara kerja Google+. Siapa tahu Anda mendapat invitation untuk bergabung.

  • Mobile. Akses Google+ bisa dilakukan dari mana saja via ponsel kita. Di dalamnya ada fitur-fitur seperti instant upload, membuat rencana grup, multiple conversation, dan sebagainya.



Melihat fitur-fitur diatas, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa layanan Google+ ini hanya merupakan produk ulang dari Facebook dengan ditambahkan beberapa fitur dengan sedikit impromivasi seperti VideoChat. Menarik melihat senjata baru ini dalam betarung melawan Facebook, mengingat Google+ yang baru meluncurkan versi percobaannya yang sekarang baru bisa dinikmati oleh sebagian orang saja. Kita tunggu versi full dari Google+ ini, apakah senjata ini mampu membunuh raksasa jejaring sosial saat ini, Facebook? Hanya waktu yang bisa menjawabnya, yang jelas kita, sebagai konsumen akan diuntungkan dengan persaingan layanan seperti ini.. Welcome in Google+.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp