Thursday, July 7, 2011

Blogspot & Picasa Akan Ganti Nama (Rebranding)


Browse » Home » » Blogspot & Picasa Akan Ganti Nama (Rebranding)

Mungkin dalam beberapa minggu ke depan kita akan kehilangan nama yang begitu melegenda di dunia internet.  Google berniat mempensiunkan  nama beberapa layanan yang menggunakan nama non-Google seperti Blogspot dan Picasa serta mengubahnya menjadi nama yang mengandung unsur Google didalamnya seperti mail.google.com atau translate.google.com. Langkah ini menurut situs Mashable merupakan bagian dari upaya lebih besar untuk menyatukan merek untuk peluncuran publik Google +, jejaring sosial buatan raksasa mesin pencari ini. Bagi yang belum mengetahui tentang jejaring sosial ini bisa membaca reviewnya disini.

Banyak Isu-isu beredar bahwa Blogger dan Picasa akan dihapus namun menurut saya tidak akan dihapus karena dua produk Google ini adalah yang paling populer di dunia maya, rebranding disini hanya mengubah nama layanan saja. Menurut sumber yang diperoleh Mashable, Google berniat untuk mengubah nama Picasa menjadi "Google Photo" dan Blogger akan menjadi "Google Blogs". Beberapa produk dan layanan Google lainnya seperti Youtube kemungkinan akan terpengaruh walau masih diragukan mengingat Google juga mempunya layanan Google Video yang nyatanya kurang diminati oleh user internet.

Langkah ini pengubahan merk atau rebranding ini sebenarnya pernah dilakukan Google sebelumnya. Sebagai contoh, Google mengakuisisi JotSpot pada tahun 2006 dan namanya sebagai Situs Google pada tahun 2008. Pada tahun 2007, Google mengakuisisi VOIP platform yang GrandCentral dan diluncurkan kembali sebagai Google Voice pada 2009.

Picasa dan Blogger juga merupakan hasil akuisisi Google, meskipun kedua perusahaan telah menjadi bagian dari Google. Picasa diakuisisi pada tahun 2004 dan Blogger yang diakuisisi dari Pyra Labs pada tahun 2003 dan akhirnya salah satu dari 10 situs paling sering dikunjungi di dunia. Langkah rebranding ini sebenarnya bisa mengganggu beberapa pelanggan yang sudah ada karena nama Blogger yang sudah mendunia. Namun Google mungkin ingin menggabungkan seluruh layanannya sepenuhnya dan mengintegrasikannya ke dalam jejaring sosial miliknya Google+ sehingga user akan menjadi lebih terkonsentrasi di dalam layanan Google disisi lain brand Google sebagai raksasa internet akan semakin merajalela. 

Mengenai Picasa, mungkin ini masuk akal mengingat didalam Google + sudah terdapat fitur Google Photo yang kemungkinan mengggunakan engine Picasa namun tidak mengandung unsur nama Picasa.

Menurut situs Mashable, rebranding yang akan menjadi yang terbesar dalam sejarah mesin pencari ini akan dilakukan dalam enam minggu ke depan seiring dengan diluncurkannya secara perdana Google + kepada publik luas. Namun sampai saat ini, belum ada konfirmasi apapun dari pihak Google di situs ataupun di akun twitter resmi Blogspot. 

Yang menjadi pertanyaan disini, bagaimana nasib blog-blog yang bersemayam di blogspot? Apakah index hilang dan dimulai dari awal ata Google akan meredirect ke Google Blog milik kita? Hanya Raksasa ini yang tahu.  Kita hanya bisa berharap semoga pengubahan nama brand Blogspot ini tidak memangsa index blog-blog yang menggunakan domain blogspot dan Google menerapkan sistem redirect.  Berdoa dan berdoa... 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp