Thursday, May 27, 2010

Hati-hati Antibiotik Dapat Menyebabkan Kecacatan Janin


Browse » Home » » Hati-hati Antibiotik Dapat Menyebabkan Kecacatan Janin

Studi terkini menyebutkan bahwa pemakaian antibiotik untuk mengatasi infeksi saluran kemih pada ibu hamil akan meningkatkan risiko anak cacat lahir. Dokter, farmasis dan ibu hamil pun disarankan untuk lebih berhati-hati terhadap jenis antibiotik ini.

Peneliti menemukan fakta cacat lahir itu pada dua jenis antibiotik, yaitu sulfonamide  (contoh: Bactrim) dan nitrofurantoins (contoh: Macrobid). Sementara itu, antibiotik penicillin dan erythromycins, yang banyak diresepkan untuk ibu hamil selama ini tergolong aman. 

Penggunaan antibiotik yang diketahui tidak aman itu harus menjadi perhatian para dokter dalam mengambil keputusan untuk menangani infeksi pada ibu hamil. Infeksi bakteri sangat berbahaya pada ibu hamil dan janinnya. Pemakaian antibiotik perlu lebih diperhatikan, karena studi mengenai pengaruh antibiotik terhadap ibu hamil belum banyak dilakukan. Dalam investigasinya, peneliti menganalisis enam jenis antibiotik pada 13.000 wanita hamil yang kandungannya terdeteksi cacat dan juga 5.000 wanita hamil yang bebas dari cacat kandungan. Sebanyak 30 persen wanita dalam grup tersebut mengkonsumsi antibiotik selama kehamilan, terutama pada trimester pertama. Hasilnya ternyata, sebanyak 14 persen wanita yang melahirkan anak cacat diketahui menggunakan antibiotik beberapa bulan sebelum kehamilan dan pada trimester pertama. 

Antibiotik sulfonamida terkait dengan enam jenis cacat lahir, sedangkan nitrofurantoins terkait pada empat jenis cacat. Dua jenis antibiotik ini berisiko paling banyak menghasilkan cacat lahir dibanding antibiotik lain yang risiko cacat lahirnya hanya 1 jenis. 

Cacat lahir itu antara lain ketidaknormalan jantung yang dikenal dengan hypoplastic left heart syndrome. Penggunaan sulfonamida akan meningkatkan risiko cacat tersebut hingga 4 kali lipat. Terjadi pada 1 dari 42.000 kelahiran. 

Studi ini dimuat dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine dan diharapkan menjadi panduam dokter, farmasis dan ibu hamil untuk menggunakan antibiotik yang lebih aman agar selalu memperhatikan faktor/indeks resiko obat antibiotik untuk ibu hamil.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


5 comments:

Tour, Food, and Health on May 27, 2010 at 8:21 PM said...

pertamaxxxx..nice info gan..sekarang ane juga ude jarang pake sulfo...

FaiK Fauzi MuLaCheLLa on May 27, 2010 at 8:37 PM said...

Thanks Gan...
Syukurlah kalo begitu.... Di Share ya info ini biar banyak yang tahu... :)

Miss Rinda on May 28, 2010 at 7:55 AM said...

waduh hrs waspada y brrti...@_@?

With Love,

|
|
V

Miss Rinda - Personal Blog

AL on May 28, 2010 at 8:47 AM said...

Didn't know Antibiotics side effects was real!!!
I thought it was just a myth! thanks for letting us know! ><

FaiK Fauzi MuLaCheLLa on May 28, 2010 at 10:59 AM said...

@Miss: Iya Miss... Kita Semua harus hati2 dalam penggunaan Antibiotik.....


@AL.: Yes... You're welcome...

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp