Friday, February 12, 2010

Trilogi Novel Cintaku di Kampus Biru, Kugapai Cintamu, Terminal Cinta Terakhir


Browse » Home » » Trilogi Novel Cintaku di Kampus Biru, Kugapai Cintamu, Terminal Cinta Terakhir

Buku 1: Cintaku di Kampus Biru

Novel Cintaku di Kampus Biru karya Ashadi Siregar ini merupakan kisah pembuka dari “tri-logi”Cintaku di Kampus Biru, Kugapai Cintamu dan Terminal Cinta Terakhir . Cintaku di Kampus Biru merupakan kisah kehidupan anak muda khas mahasiswa yang segar dan penuh warna.

Setting tempat bergulirnya cerita ini adalah kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Jogyakarta tahun 80-an. Semenjak terbitnya novel ini kampus UGM Bulaksumur kemudian memperoleh predikat “Kampus Biru”. UGM sendiri memang merupakanicon yang melekat pada kota pelajar Jogyakarta.

Bagi pembaca yang sudah melewati usia 30 tahun kisah ini sungguh akan membangkitkan kembali kenangan masa muda, masa kuliah. Kisah ini memang mengekspose lika-liku kehidupan mahasiswa yang biasa, di masa itu kehidupan mahasiswa identik dengan “buku, pesta dan cinta”. Namun Anton berbeda, tokoh dalam kisah ini adalah seorang aktivis yang cerdas, kritis dan tampan.

Dalam novel ini kita bisa melihat betapa cermatnya Ashadi Siregar “memotret” kehidupan mahasiswa. Mulai dari rumah pondokan, ruang kuliah hingga hati dosen yang kering mendambakan cinta. Maklum Ashadi Siregar adalah bagian dari lingkungan dimana kisah ini bermula. Dia adalah alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM, kemudian bahkan dia menjadi salah seorang dosen disana.



Buku 2: Ku Gapai Cintamu

Novel Ku Gapai Cintamu karya Ashadi Siregar ini merupakan kisah kedua dari “tri-logi”, Cintaku di Kampus Biru, Kugapai Cintamu dan Terminal Cinta  Terakhir . Ku Gapai Cintamu merupakan kisah kehidupan anak muda, nuansanya khas mahasiswa yang segar dan penuh warna. Setting tempat bergulirnya cerita ini adalah kota Jogyakarta tahun 80-an dan terutama lingkunangan Kampus UGM.

Bagi pembaca yang sudah melewati usia 30 tahun kisah ini tentu akan membangkitkan kembali kenangan masa muda, masa kuliah. Kisah ini memang mengekspose lika-liku kehidupan mahasiswa yang tak jauh dari urusan “buku, pesta dan cinta”. Bagi yang mengenal kota Jogyakarta novel ini akan menggugah kembali kenangan pada kota pelajar ini di tahun 1980-an. Waktu itu masih lazim mahasiswa ke kampus naik motor atau bahkan sepeda. Masih jamak menonton boskop berduaan pulang-pergi naik becak sambil “bergerilya” he he he…

Dalam novel ini kita juga bisa melihat Ashadi Siregar “memotret” kehidupan mahasiswa. Mulai dari rumah pondokan, ruang kuliah hingga hati dosen yang kering mendambakan cinta. Maklum Ashadi  Siregar adalah bagian dari lingkungan dimana kisah ini bermula. Dia adalah alumni Fakultas Ilmu Sosial  dan Politik UGM, kemudian bahkan dia menjadi salah seorang dosen disana. 



Buku 3: Terminal Cinta Terakhir

NovelTerminal Cinta Terakhir karya Ashadi Siregar ini merupakan kisah terakhir dari “tri-logi”,Cintaku di Kampus Biru, Kugapai Cintamu dan Terminal Cinta Terakhir .KuGapai Cintamu merupakan kisah kehidupan anak muda, yang sedikit berbeda dengan kisah dalam dua novel terdahulu. Dalam novel terdahulu, setting cerita di Kota Pelajar Jogyakarta, khususnya di kampus Universitas Gajah Mada, kali ini kisah berlangsung di Jakarta. Sebuah kota yang sumpek dan keras.

Dalam kisah ini kita akan membaca riwayat berkumpulnya kembali beberapa tokoh kunci yang sudah muncul dalam Cintaku di Kampus Biru dan Ku Gapai Cintamu, mereka adalah Widuri, Anton dan Erika.

Secara tak sengaja mereka “berkumpul” di Jakarta, di sini muncul tokoh baru “Joki” yang bersama Widuri menjadi pusat pusaran kisah novel ini.

Bagaimana mereka bisa berjumpa di Jakarta? Bagaimana kisahnya sampai Widuri muncul di Jakarta? Bagaiman nasib anak hasil kekerasan yang dikandung Widuri ? Apakah Widuri mampu melupakan kegetiran hidupnya di Jogyakarta? Siapa pula Joki? Apa kaitannya dengan Anton dan Erika mau pun
Widuri?

Dalam novel ini Ashadi Siregar mencoba menggali kerasnya hidup di Jakarta, sekaligus menaburkan warna-warna indah kala jatuh cinta. Daya tarik lain novel ini adalah persinggungan kisahnya dengan adat batak. Seru...


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp