Thursday, February 25, 2010

Book "Ayat-ayat Fitna"


Browse » Home » » Book "Ayat-ayat Fitna"

Buku Ayat-ayat Fitna ini bukanlah sanggahan terhadap film Fitna karya Geert Wilders, Ketua Fraksi Partai Kebebasan (PVV) di parlemen Belanda itu.

Film itu kendati menghebohkan tetapi ia terlalu buruk untuk memperoleh kehormatan menanggapinya. Ia sangat jauh dari objektivitas dan persyaratan ilmiah, tidak juga memiliki unsur seni atau ajakan kepada hubungan harmonis antarsesama manusia. Karena itu,menanggapinya hanya akan menghabiskan waktu dan energi, sedang masih banyak hal lain yang sangat memerlukan waktu dan energi.

Hemat penulis sikap di atas sejalan dengan pesan al-Qur’an untuk tidak menghiraukan para peleceh dan berpisah meninggalkan mereka guna mencari jalan menuju keselamatan dunia dan akhirat. Allah berfirman melukiskan hamba-hamba-Nya yang me¬ngakui-Nya sebagai ar-Rahmân (Pelimpah kasih):

“Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pelimpah kasih itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi den gan rendah hati dan apabila orang-orang jahil men yapa mereka, mereka men gucapkan kata-kata perpisahan(demi menuju keselamatan)” (QS. al-Furqân [25]: 63).

Tuntunan di ataslah yang lebih kurang mendasari sikap penulis ketika menampik usul sekian banyak teman yang mengharap agar Pusat Studi al-Qur’an yang penulis pimpin menanggapi film tersebut.
Tetapi, beberapa waktu sesudah itu, muncul dalam benak penulis firman-Nya yang menyatakan:

“Ambillah yang mudah, perintahkanlah yang baik, dan berpalinglah dari orang jahil” (QS. al-A‘râf [7]: 199).

Ayat ini, di samping memerintahkan untuk berpaling dari siapa pun yang jahil, juga memerintahkan mengambil yang mudah dari perilaku man usia yang kandungan pesannya antara lain adalah jangan menuntut yang sulit dari yang bodoh, jangan mengharap cinta dari pembenci, jangan juga perilaku yang baik/ terlalu baik dari yang jahat, karena setiap bejana hanya mampu menuang apa yang dikandungnya. Di samping kedua tuntunan itu, ayat di atas memerintahkan juga untuk mengajak kepada yang baik.

Ketika itu terbetiklah dorongan untuk menulis tentang ayat-ayat al-Qur’an yang digunakan oleh film Fitna mendiskreditkan Islam. Terbetik dorongan itu, namun sekali lagi tujuan utamanya bukan untuk menanggapi atau menyanggah, tetapi untuk menunjukkan kepada umat Islam dan siapa pun yang hendak mengenal Islam, dan juga kepada yang terpengaruh oleh fitnah film Fitna itu, bahwa sungguh ajaran Islam sangat bertolak belakang dengan apa yang mereka suguhkan itu. Ajaran Islam sungguh mengajak kepada kedamaian yang adil dan beradab, dan sedikit pun tidak merestui teror.

Karena tujuannya seperti itu, maka barulah setelah redup kobaran api kemarahan banyak kaum Muslim, kepala dan hati mereka mulai dingin, emosi sudah terkendali, dan pikiran telah siap, barulah penulis melangkah dan buku (kecil) ini pun hadir di tengah pembaca dengan harapan kiranya bertambah yakinlah kaum Muslim terhadap ajaran agamanya dan tersingkap pula kekaburan dan kerancuan yang bisa saja menyentuh siapa pun, baik Muslim maupun non-Muslim.

Sejak dulu agama, para pembawa ajaran agama, ajaran, dan pengan ut-penganutnya telah mengalami hujatan dan pelecehan dan dapat dipastikan bahwa di masa datang yang dekat dan yang jauh pun pasti masih akan muncul pelecehan dan fitnah-fitnah serupa! Bukankah masih segar dalam ingatan kita— sebelum karya Geert Wilders itu—buku berjudul Ayat-ayat Setan karya Salman Rushdi, kartun/kari katur pelecehan Nabi Muhammad saw. karya Kurt Westergaard? Memang demikian itulah yang selalu dialami dan akan dialami oleh penganjur kebenaran dan kebaikan, dan karena itu pulalah kitab suci al¬Qur’an setelah mengisyaratkan hakikat di atas memberi aneka tuntunan tentang bagaimana menghadapi para penghujat dan pelaku pelecehan. Sekelumit tuntunan tersebut dapat juga Anda jumpai pada lembaran-lembaran buku ini.

Akhirnya, penulis tidak tahu persis apa yang dimaksud oleh Wilders dengan kata Fitna yang dijadikan judul filmnya itu, tetapi boleh jadi judul tersebut menggambarkan tujuan utama yang terdapat dalam lubuk hatinya, yakni melakukan “Fitna-(h)” terhadap Islam dan kitab sucinya. Demikian Allah menam¬pakkan apa yang tersembunyi di dalam hati manusia, kendati yang bersangkutan hendak menyembunyikannya. Wa Allâh a‘lam, Maha Besar dan Maha Suci Allah swt.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp