Wednesday, June 15, 2011

Liputan Blogilicious Trah Yogyakarta


Browse » Home » » Liputan Blogilicious Trah Yogyakarta

Blogilicious Trah Yogyakarta
Sabtu, 11 Juni 2011 adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh para blogger di kota Yogyakarta, karena pada hari ini akan diselenggarakan event Blogilicious Trah Yogyakarta. Event ini merupakan seminar dan semi workshop berlangsung di kampus UPN Fakultas Pertanian Lantai 3, Jl Ring Road Utara, Condong Catur Sleman, Yogyakarta selama dua hari. Blogilicious Trah Yogyakarta merupakan salah satu rangkaian Roadblog 2011 Blogilicious yang diselenggarakan IdBlogNetworkIdBlogNetwork adalah jaringan media yang menghubungkan atau memfasilitasi Advertiser atau brand untuk melakukan kampanye marketting melalui jaringan Blogger Indonesia.

Yogyakarta merupakan kota kelima dari tujuh kota dimana Roadblog 2011 Blogilicious digelar. Sebelumnya event ini telah menuai sukses di Surabaya, Makassar, Medan, Palembang dan kemudian akan diselenggarakan di Bandung dan Jakarta.  Menurut saya, penunjukan kota budaya ini sebagai salah satu tuan rumah Road Blog 2011 Blogilicius merupakan pilihan yang tepat. Karena selain populasi bloggernya yang besar, kota ini merupakan kota pelajar dimana ini adalah segmen yang cocok untuk IdBlogNetwork untuk mengenalkan program visi dan misinya kepada para pelajar untuk menjadi positive netizen dengan memulai belajar menghasilkan konten yang berkualitas di blog pribadinya serta mendapat penghasilan dari aktivitas ini.

Penyelenggaraan Blogilicious di kota pelajar ini bertemakan "Blogilicious Trah Yogyakarta". Apa makna kata trah disini? Menurut situs Wikipedia, Trah adalah sekelompok individu yang saling memiliki hubungan kekerabatan (silsilah) satu-sama lain. Dalam masyarakat aristokrat, trah erat berkaitan dengan istilah dinasti atau wangsa. Dalam masyarakat timur yang mengutamakan kebersamaan, sedangkan dalam masyarakat Jawa, sering kali alasan yang dipakai adalah agar mereka tidak saling melupakan satu sama lain (kepatèn obor) (sumber: Wikipedia). Jadi kata trah disini sangat erat kaitannya dengan kekeluargaan dan kebersamaan dimana kelompok blogger dari kota Yogyakarta dan IdBlogNetwork bertemu dan berdiskusi  untuk memperkokoh hubungan personal di antara mereka, para blogger sendiri maupun blogger dengan IdBlogNetwork sebagai pilarnya para blogger.

Selain mempertemukan para blogger untuk melaksanakan seminar dan semi workshop, Blogilicious juga merupakan wadah untuk melakukan selaturahmi, menambah wawasan dan pengetahuan seputar blog, monetizing blog, peranan sosial media, pengenalan mengenai security dan SEO dalam blogging. Event Roadblog 2011 Blogilicious ini sangat cocok bagi Blogger profesional, Blogger yang hanya suka ngeblog, ga suka ngeblog tapi suka membaca blog, pengen tau cara dapat uang dari blog dan masih banyak hal lainnya.

Di dalam situs resminya http://www.idblogilicious.com, disebutkan bahwa event Blogilicious ini membawa misi "Mengajak anak muda Indonesia menjadi “positive blogger” yang menantinya kan menjadi ujung tombak dari bagian “positive netizen” yakni Gerakan Positif  Blogging yang mewartakan hal-hal positif untuk Netizen (Internet Citizen/ Warga Digital) Indonesia dengan mengambil  SEMANGAT dan NILAI PATRIOTISME Anak Muda Indonesia dimana untuk saat ini BLOGGER juga merupakan salah satu ujung tombak pemberitaan dan pencitraan. dengan mengusung visi yang menurut saya sangat tepat bagi dunia blogging saat ini kenapa? dengan adanya gerakan "positive blogger" harapannya kegiatan blogging bisa menjadisarana untuk membantu muttu pendidikan indonesia yang sedang terpuruk dengan pemberitaan yang baik dan konten berkualitas dari para bloger, adapun visinya adalah sebagai berikut:
  • Mensosialisasikan pengetahuan tentang etika blogging, SEO dan Google Panda Algorythm, mobile blogging, blogpreuner, blog monetizing dan social media.
  • Melatih blogger untuk lebih handal dalam penulisan artikel, pengamanan blog dan design template yang menarik. 
  • Memanfaat blog sebagai lahan bisnis yang terutama bagi Blogger yang memiliki konten berkualitas. 
  • Mengoptimasi blog yang mereview suatu produk yang ditugaskan oleh IdBlogNetwork sekaligus membantu advertising apabila tulisan blog kita terindex google dengan baik.
Sebagai seorang blogger, saya sangat tertarik dengan misi dan visi yang dibawa Blogilicious. Oleh karena itu saya sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari. Antusias saya terhadap acara dari media yang mempunyai tagline "Trusted Partner in Digital" ini sepertinya sudah memuncak ketika H-1. Jujur, saat itu saya selalu memikirkan event ini dan tidak mau kehilangan kesempatan untuk berkumpul dengan para blogger lagi seperti saat Kopdar IdBlogNetwork dengan para blogger Yogyakarta dulu dimana saya terpaksa membatalkan kopdar demi deadline skripsi saya. Asal Anda tahu, jauh-jauh hari saya sudah merencanakan untuk tidak masuk kuliah pada hari sabtu (hari pertama Blogilicius Trah Yogyakarta) dan nitip absen pada teman saya (yang ini jangan ditiru ya) demi mengikuti acara ini.

A. Hari Pertama Blogilicious Trah Yogyakarta
Dan akhirnya tiba tanggal yang dinanti-nanti, awalnya saya sempat ragu bakal terlambat karena saya menerima dua laptop rusak di malam hari H. Kebetulan saya buka usaha jasa service laptop kecil-kecilan di kos. Syukur Alhamdulillah, Allah memudahkan jalan saya untuk mengikuti Blogilicious Trah Yogyakarta, perbaikan dua laptop itu sudah saya selesaikan dan pada pukul 8.00 langsung saya antar ke klien. Selesai! Plong rasanya begitu melihat pekerjaan selesai tepat pada waktunya. Saya lihat jam di tangan kiri saya, sudah menunjukkan pukul 8.40, akhirnya saya pun mempersiapkan diri untuk berangkat ke lokasi dilaksanakannya Blogilicious Trah Yogyakarta. Saya sempat dijemput oleh teman saya, Firman Koga untuk pergi bareng, berhubung saya masih berantakan akhirnya saya pun ditinggal, dia memutuskan untuk berangkat sendiri. Tepat pukul  9.10 saya sudah siap tempur untuk menghadiri event persembahan dari IdBlogNetwork ini dan berangkat dari kos di daerah Umbulharjo, perjalanan ini memakan waktu sekitar 20 menit. Akhirnya pukul 9.30 saya sampai di lokasi dan langsung menuju bagian registrasi dan bertemu dengan beberapa panitia Blogilicious Trah Yogyakarta, setelah registrasi saya mendapatkan ID Card dan Snack tapi saya tidak langsung masuk ke ruangan, saya sempatkan diri untuk ngobrol dengan blogger-blogger senior yang kebetulan saat itu masih di luar ruang seminar karena acara masih belum dimulai. Tak saya sangka, ternyata blogger-blogger senior ini setia menanggapi pertanyaan dari newbie seperti saya. Sungguh ini kesempatan langka yang langsung saya manfaatkan untuk bertukar pendapat. Banyak ilmu yang sangat berharga bisa saya peroleh dari obrolan singkat tersebut.

Blogilicious Trah Yogyakarta
Penampilan Angklung Jlagran di Hari Pertama
Blogilicious Trah Yogyakarta
(sumber foto:  http://eshape.wordpress.com) 
Puas mengobrol dengan para blogger senior, saya kemudian diajak beliau-beliau untuk masuk ke dalam ruangan seminar yang sudah ramai dengan penampilan Angklung Jlagran dalam menghibur para peserta seminar Blogilicious Trah Yogyakarta. Sambil menunggu mulainya sesi pertama seminar, para peserta seminar disuguhi penampilan apik dari grup musik Angklung Jlagran yang saat itu memainkan berbagai lagu dengan musik perkusinya. Grup musik yang sering tampil di Jalan Malioboro ini termasuk unik karena menggunakan berbagai alat musik tradisional seperti angklung. Mereka juga cukup berhasil membawakan lagu pop, langgam jawa, dangdut, sampai rock. Saya melihat jam tangan sudah menunjukkan pukul 9.55 artinya sebentar lagi seminar dan semi workshop ini akan segera dimulai, kemudian saya melihat rundown acara hari pertama Blogilicious Trah Yogyakarta yang sudah saya print, dimana sesi pertama adalah Tips Blogging, dilanjutkan dengan Etika Blogging, kemudian dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan siang  lalu dilanjutkan dengan Mobile Blogging, Social Media dan Blog Monetizing. 

Tepat pukul 10.00, acara Blogilicious Trah Yogyakarta ini pun dimulai. MC Verry Kurniawan mengawali acara ini dengan sambutan, beliau kemudian mengajak kita berdiri kemudian memimpin untuk berdoa sebelum seminar dan semi workshop ini dimulai. Setelah berdoa dilanjutkan dengan melantunkan lagu kebangsaan negara kita, Lagu Indonesia Raya, para peserta Blogilicious Trah Yogyakarta pun menyanyikannya dengan khidmat hingga selesai walau ada sedikit "insiden" disini yaitu pada bait lagu terakhir yang harusnya diulang dua kali tetapi hanya dilantunkan sekali saja, alhasil kemudian para peserta pun melantunkan kembali bait yang "tertinggal" tadi. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pihak terkait seperti dari panitia lokal, dan dari pihak penyelenggara. Dari pihak panitia harusnya sambutan  yang harusnya dilakukan oleh Azhie Kurosaki, tetapi berhubung yang bersangkutan tidak sedang ditempat dikarenakan suatu hal, maka sambutan dilakukan oleh Rifqi Sultoni, dalam sambutannya pria yang akrab dipanggil mas Toni ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada IdBlogNetwork karena telah menyelenggarakan acara Blogilicious di kota gudeg ini dan kepada para peserta yang hadir memeriahkannya. Kemudian sambutan selanjutnya dari pihak IdBlogNetwork, yang disampaikan oleh Bussines Director of IdBlogNetwork, yaitu Mubarika Darmayanti. Dalam sambutannya mbak Rika, panggilan akrab beliau, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para panitia yang telah berhasil menyelenggarakan event Blogilicious Trah Yogyakarta dan menjelaskan visi dan misi IdBlogNetwork dan tujuan diselenggarakannya Roadblog 2011 Blogilicious.

Blogilicious Trah Yogyakarta
Mas Blontankpoer menjadi pembicara
Sesi Pertama: "Tips Blogging"
(sumber foto:  http://eshape.wordpress.com) 
Setelah sambutan dari IdBlogNetwork selesai kemudian acara inti pun dimulai dimana mas Amril Taufik Gobel didaulat menjadi moderator. Diawali dengan sesi pertama yaitu Tips Blogging dengan pemateri mas Blontankpoer, beliau adalah Ketua Komunitas Blogger Kota Solo (Bengawan). Dalam materinya beliau menegaskan sebagai seorang blogger kita harus berani menuangkan apa yang ada di hati dan pikiran dalam bahasa sendiri dan jangan berpikir macam-macam dulu, biarkan tulisanmu mengalir apa adanya karena dengan begitu tulisan kita akan mudah dicerna. Apabila kita berpikir macam-macam maka yang tercipta adalah keragu-raguan yang membuat waktu kita terbuang imbasnya tulisan kita menjadi "tidak enak" dibaca. Selain itu, beliau juga memberikan tips, untuk mengabaikan etika jurnalistik seperti memperhatikan 5W+1H (Who, What, Where, When, Why + How) dalam menulis blog, walau awalnya menurut saya sangat aneh karena  5W+1H adalah jurus utama saya saat menulis. Saya tidak bisa membayangkan apabila jurus itu tidak saya pakai tetapi setelah mendengarkan penjelasan dari mas Blontakpoer saya jadi sedikit paham apa maksud beliau karena apabila kita terlalu fokus pada aturan-aturan penulisan maka kita akan kesulitan dan akhirnya kehabisan waktu. Biarlah tulisan kita mengalir dari hati dan luapkan kedalam tulisan dengan gaya kita sendiri. (Kata-kata ini masih teringat jelas dipikiran saya, semoga saya bisa menerapkan tips dari beliau ini). Kemudian sebelum di-publish kita hendaknya baca dulu dan pikirkan isinya (think before posting) dengan teliti karena menurut beliau, kita harus pantang untuk melakukan revisi setelah tulisan dipublikasikan, apabila memang perlu direvisi sebaiknya dilakukan pada kolom komentar, kenapa? Karena ini menunjukkan keprofesionalitasan kita dalam ngeblog. Beliau juga menganjurkan kita untuk mempertimbangkan etika blogging dan kebermanfaatan artikel yang kita tulis. Selain itu beliau juga menganjurkan untuk menyamarkan identitas orang atau instansi, tempat dan waktu yang ada pada artikel kita yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kontroversi. Setelah memberikan tips-tips yang sangat bermanfaat, sesi ini pun kemudian ditutup oleh beliau. Dari Sesi Tips Blogging ini, saya bisa mengambil pelajaran dari mas Blontankpoer bahwa dalam menulis blog kita harus membebaskan pikiran kita dari aturan-aturan dan biarkan tulisan itu mengalir dari hati kita.

Blogilicious Trah Yogyakarta
Iman Brotoseno menjadi pemateri
pada sesi "Etika Blogging"
(sumber foto: http://eshape.wordpress.com) 
Sesi pertama selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu Etika Blogging yang dibawakan mas Iman Brotoseno, beliau adalah seorang Director Film di Orange Waterland Films. Dalam sesi etika blogging ini beliau membawakan presentasi dengan judul "Blogging & Social Media Trends in Indonesia". Dalam materinya beliau menyebutkan bahwa perkembangan pengguna blog di Indonesia dari tahun 2006 sampai tahun 2010 sangat pesat. Bayangkan saja pada tahun 2006 pengguna blog masih sekitar 100.000 namun di tahun di tahun 2010 jumlah blog di Indonesia berkembang menjadi sekitar 4,8 Juta blog! Wow, angka yang sangat fantastis bukan?! Walau akhir-akhir ini perkembangannya menjadi berkurang karena adanya jejaring sosial yang tumbuh pesat namun angka perkembangan tersebut menurut saya adalah sangat fantastis dan ternyata Indonesia adalah negara peringkat 6 dengan pertumbuhan terbesar pengguna blog. Meningkatnya jumlah pengguna blog ini menurut mas Iman tidak lepas dari peran komunitas blog yang tersebar di berbagai daerah. Tetapi dibalik perkembangan ini, masalah copypaste artikel juga meningkat dari tahun ke tahun. Beliau menganjurkan pada para peserta seminar agar senantiasa menghormati hak cipta (copyright) artikel blogger lain (coba bayangkan apabila artikel yang dicopas itu milik kamu? sakit hati bukan?). Mas Iman menceritakan masalah copyright yang pernah menimpanya dulu, dimana artikel beliau yang berjudul "Soekarno – Sejarah yang tak berpihak" yang ditulis di blog pribadinya  dijiplak dan dikomersialkan dalam bentuk buku oleh salah seorang penulis dengan judul "Soekarno - Uncensored". Hingga kemudian beliau menempuh jalur hukum untuk mengatasi masalah ini hingga akhirnya dimenangkan oleh sutradara iklan minuman berenergi ini dan kemudian buku itupun ditarik dari pasar. Dalam seminarnya beliau juga memberikan pembelajaran bagaimana caranya mengatasi duplikasi karya online di blog kita misalnya dan juga menganjurkan agar para blogger senantiasa menjaga etika bloggingnya dengan tidak menduplikasi tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Beliau juga menyarankan kepada para blogger agar bergabung dengan komunitas-komunitas blogger dengan begitu kita akan mendapatkan teman yang setia melakukan blogwalking  dan teman-teman di komunitas itu akan mengawasi blog kita dan mengomentari tulisan kita di blog serta mendukung aktivitas blogging kita apabila sewaktu-waktu kita mengalami masalah,  menurut beliau, biasanya mereka akan menjadi pendukung yang loyal bagi kita. Setelah memberikan saran kepada para peserta Blogilicious Trah Yogyakarta, beliau kemudian mengakhiri presentasinya. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada pembicara sesi pertama dan kedua. Dari sesi Etika Blogging  saya dapat mengambil berbagai ilmu dari mas Iman Brotoseno diantaranya pentingnya menjaga etika blogging ketika ngeblog dan bergabung dengan dengan komunitas blogger di daerah kita karena manfaat yang dapat kita peroleh dengan bergabung di komunitas akan sangat berguna bagi aktivitas kita.

Blogilicious Trah Yogyakarta
Mr. Julian Gafar, General Manager Berniaga.com
Menyampaikan materi mengenai Online Shoping
(sumber foto:  http://eshape.wordpress.com) 
Sesi tanya jawab pertama selesai berlanjut pada presentasi promosi dari Berniaga.com, salah satu sponsor Roadblog IdBlogNetwork yang dibawakan oleh Mr. Julian Gafar, General Manager dari Berniaga.com. Mas Julian menjelaskan materi tentang "Online Shoping" dimana disini dijelaskan bahwa jual beli online adalah aktivitas jual beli melalui web/blog/forum dengan memanfaatkan internet. Jual beli online menurut mas Julian sangat potensial untuk dilakukan mengingat pengguna internet angka pengguna layanan internet pada tahun 2012 di Indonesia mencapai angka 34 Juta lebih, ini merupakan pasar yang perlu dikembangkan. Mas Julian menegaskan bahwa jual beli online dengan Berniaga.com sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Menurutnya Berniaga.com hadir untuk memfasilitasi para penjual dan pembeli untuk bertemu di dunia maya demi terciptanya transaksi jual beli yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak. Masih menurut mas Julian, Berniaga.com adalah sebuah gagasan sederhana, jual dan beli hampir semua barang anda ingin menjual atau membeli semua barang di daerah Anda dengan sangat mudah dan nyaman. Ada beberapa hal yang membedakan Berniaga.com dengan situs jual beli online lainnya yaitu barang-barang yang diperjualbelikan di situs ini telah melalui proses review sebelum ditayangkan, selain itu Berniaga menggunakan sistem dari penjual langsung ke pembeli tanpa melalui perantara. Presentasi dari Berniaga.com diakhiri dengan sesi tanya jawab. Ada sebuah pertanyaan yang menggelitik pikiran saya, sebenarnya saya ingin menanyakan hal ini kepada mas Julian, tetapi Alhamdulillah ada peserta Blogilicious Trah Yogyakarta yang menanyakan yang lebih dahulu hal yang sama sebelum saya menanyakan hal tersebut, pertanyaannya adalah "Darimana Berniaga.com mendapat keuntungan? sedangkan  pasang iklan di Berniaga.com gratis dan semua keuntungan yang diperoleh dari proses jual beli, berniaga.com tidak pernah mendapatkannya dari penjual yang berhasil menjual produknya". Kemudian pertanyaan itu dijawab dengan santai oleh mas Julian, bahwa sampai saat ini berniaga.com memang belum mendapatkan profit dari proses jual beli yang terjadi di situsnya tersebut, tetapi sepertinya beliau sangat yakin, apabila berniaga.com mendapat pengakuan dan terkenal maka keuntungan pun nantinya bisa diperoleh. Inilah yang membedakan Berniaga.com dengan portal jual beli online lainnya yang ada di Indonesia. Beliau kembali menjelaskan bahwa misi Berniaga.com adalah mempertemukan pembeli dan penjual agar bisa berhubungan dengan aman, efektif, efisien, berkualitas dan tentunya gratis.

Blogilicious Trah Yogyakarta
Arief Heru Utomo, Ketua Komunitas Blogger Bekasi
menyampaikan materi "Blogger ASEAN"
(sumber foto: http://eshape.wordpress.com) 
Kemudian Mas Arief Heru Utomo, Ketua Komunitas Blogger Bekasi tampil sebagai pembicara sesi selanjutnya, "Blogger Asean". Pada sesi ini Mas Heru memulai materinya dengan menjelaskan sejarah ASEAN. ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asia Nations atau dalam bahasa indonesia disebut dengan Perhimpunan bangsa bangsa asia tenggara, merupakan organisasi geopolitik dan ekonomi yang anggotanya dari negara negara di wilayah asia tenggara. ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di kota Bangkok, Thailand. ASEAN berdiri melalui Deklarasi Bangkok di prakarsai oleh lima negara Asia tenggara antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand kemudian  Brunei Darussalam bergabung pada tahun 1984, Vietnam pada tahun 1995,  Dua tahun kemudian, Laos dan Myanmar menyusul masuk menjadi anggota ASEAN, Selanjutnya Kamboja Begabung pada tahun 1998.  Setelah menjelaskan sejarah ASEAN kemudian beliau menjelaskan pembentukan Komunitas Blogger ASEAN-Indonesia yang pembentukannya juga diinisiasi oleh IdBlogNetwork yang telah didklarasikan pada tanggal 10 Mei 2011. Salah satu tujuan ASEAN Blogger adalah membantu upaya-upaya memperkuat integrasi ASEAN yang bersifat kerakyatan (people centred) dan mendorong interaksi ASEAN dengan masyarakatnya yang lebih mendekatkan mereka satu sama lain. Menurut mas Arief, Pembentukan ASEAN Blogger yang dimulai dengan inisiatif blogger di tanah air ini karena kedudukan Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN dalam arti penduduk, luas wilayah, maupun secara ekonomi. Oleh karena itu, bagi para blogger Indonesia keberhasilan ASEAN adalah keberhasilan yang perlu dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh rakyat Indonesia. Dari sesi ini saya jadi ingin berteriak saking senangnya dengan deklarasi ini: "Semangat ASEAN, Semangat ASEAN Blogger!" Selamat atas terbentuknya Komunitas Blogger ASEAN chapter Indonesia, semoga bisa memberikan peran yang positif kepada kemajuan negara-negara ASEAN, Amin. Bagi yang penasaran dengan ASEAN Blogger silahkan untuk informasi lebih lanjut bisa berkunjung di situsnya: http://aseanblogger.com.  Kemudian sesi ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, para peserta terlihat antusias untuk bertanya pada para pemateri.

Stand Berniaga.com dipadati para peserta
Blogilicious Trah Yogyakarta
(sumber foto:http://www.facebook.com/rifqi.sultoni)
Sesi selanjutnya adalah Ishoma (Istirahat, Sholat dan Makan), pada sesi ini panitia membagikan menu makan siang dalam bentuk nasi kotak. Nikmat rasanya, begitu lidah saya menyentuh nasi yang telah disediakan panitia, maklum perut saya sudah kelaparan sejak pagi berhubung saya belum sempat sarapan pagi itu karena harus mengantarkan laptop milik klien saya sebelum berangkat ke Seminar Blogilicious Trah Yogyakarta ini. Alhamdulillah akhirnya kenyang setelah makanan yang nikmat ini habis saya santap. Kemudian saya keluar ruangan mencari masjid atau mushola untuk sholat, setelah saya menanyakan pada panitia, tenyata mushola ada di lantai satu, saya pun langsung menuju ke TKP. Di depan masjid saya bertemu dengan Muhammad Akbar Alatas, seorang master blogger dari Yogyakarta, saya sempat mengobrol sebentar dengan dia yang katanya pernah melihat saya tapi dimananya dia lupa (ketemu di Facebook kali yah? hehe). Setelah saya mengambil air wudhu saya pun melakukan sholat dhuhur berjamaah dengan para peserta Blogilicious Trah Yogyakarta. Sholat Dhuhur akhirnya selesai saya kerjakan, kemudian saya menuju lantai 3, Tempat berlangsungnya seminar. Di Luar Ruang Seminar tampak stand-stand dari sponsor Roadblog IdBlogNetwork ini yaitu Telkom Flexy dan Berniaga.com. Stand Berniaga.com terlihat sangat ramai dipadati peserta seminar, bagi  mereka yang behasil login dan mengisi form login di situs berniaga.com  dengan akun facebook kemudian melakukan suggest kepada teman-teman facebook maka akan mendapatkan bingkisan cantik dari berniaga.com, bila merasa bingung anda bisa menanyakannya kepada dua SPG Berniaga.com yang cantik-cantik, mereka sangat ramah dalam melayani setiap pertanyaan yang muncul dari orang yang datang ke stand ini.

Stand Telkom Flexi
(sumber foto:http://www.facebook.com/rifqi.sultoni)
Sambil menunggu dimulainya sesi selanjutnya, saya berkunjung ke stand Telkom Flexi yang terletak di sebelah barat stand Berniaga.com, Flexi menawarkan promo Program "Flexi Bebas Bicara" yang kini dapat dinikmati masyarakat di seluruh wilayah Jawa Tengah & Jogja dengan gratis nelpon SLJJ 24 jam sesama Flexi ke luar Jawa dan Madura tanpa syarat. Program gratis nelpon ini berlaku bagi semua pelanggan Prabayar dan Paskabayar Flexi untuk melakukan panggilan SLJJ (interlokal) ke sesama Flexi. Saya kemudian menanyakan apakah program ini berlaku untuk seluruh Jawa? Ternyata tidak, setiap regional mempunyai program yang menarik dan sangat sayang untuk dilewatkan para pelanggannya. Untuk Wilayah  Jawa Tengah dan Yogyakarta menurut pegawai Flexi yang menjaga stand tersebut, akan mendapat dua benefit program yaitu Gratis panggilan SLJJ (interlokal) sesama pelanggan Flexi ke luar Jawa dan Madura 24 jam tanpa syarat dan Gratis biaya Call Forward bagi pelanggan Flexi area Jawa Tengah dan Yogyakrta yang melakukan combo di luar Jawa Tengah dan Yogyakarta, Sangat menarik bukan?? Ayo buruan pakai produk sponsor event Blogilicious Trah Yogyakarta ini.

Blogilicious Trah Yogyakarta
Pribadi Nirwana mempresentasikan "Mobile Blogging"
disaksikan oleh mas Dimas Maulana (kiri) dan mas Amril.
(sumber foto: http://www.facebook.com/rifqi.sultoni)
Tak terasa saya sudah lama melakukan tanya jawab di stand Telkom Flexi dan ternyata acara Blogilicious Trah Yogyakarta sudah dimulai kembali. Saya pun kembali memasuki ruangan dan memilih tempat duduk di tengah bagian depan. Sang Moderator, membuka kembali acara seminar dan semi workshop ini dengan memperkenalkan terlebih dahulu para pemateri selanjutnya yaitu, Pribadi Nirwana dan Dimaz Maulana yang akan membawakan materi selanjutnya yaitu "Mobile Blogging" dan "Blog Social Media". Pribadi Nirwana pun menjadi pembicara selanjutnya dengan sesi Mobile Blogging. Sebelum beliau menjelaskan diri, beliau menjelaskan mengapa beliau ada di Blogilicious Trah Yogyakarta ini dimana dia menggantikan  Kuncoro Wastuwibowo yang tidak bisa hadir dikarenakan suatu hal. Tak lupa, beliau juga memperkenalkan diri, dalam perkenalan singkat kita para peserta menjadi mengenal lebih dekat lulusan Magister Technology Informasi UGM tahun 2004 ini. Dalam materinya, mas Pribadi menjelaskan tentang profil pengakses (pengguna) internet di Indonesia yang dari tahun ke tahun semakin pesat perkembangannya. Ada satu hal yang membuat saya terperangah, didalam presentasinya beliau juga menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat 6 di dunia, ini menunjukkan bahwa perkembangan internet di Indonesia tidak dipengaruhi oleh krisis yang terjadi di negeri ini. Pesatnya kemajuan pengguna internet ini tak lepas dari boomingnya situs jejaring sosial dan pesatnya kemajuan teknologi mobile. Berbicara mobile, sekarang adalah eranya teknologi mobile,  gadget-gadget seperti smartphone, tablet, maupun laptop sudah menjadi kebutuhan "wajib" bagi para pebisnis dan pengakses internet. Teknologi mobile, menurut mas Pribadi pada dasarnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya akan internet, jadi pengguna bisa mengakses internet dimanapun berada. Selain itu, Mas Pribadi juga menjelaskan profil pengguna blog yang juga mengalami peningkatan yang sangat pesat, dimana Yogyakarta merupakan kota yang memiliki pengguna blog terbesar di Indonesia. Menurut beliau kegiatan blogging sekarang tidak lagi harus dilakukan dengan komputer, karena dengan kemajuan pesat dunia mobile, kita bisa update blog dengan teknologi mobile seperti smartphone ataupun tablet, dengan koneksi internet yang sudah semakin bagus, kita bisa melakukan aktivitas mobile blogging dimanapun anda berada. Orang memilih
3C of Information Technology

menggunakan mobile blogging karena tiga pertimbangan yaitu Jangkauan internet, tarif dan teknologi jaringan yang semakin pesat kemajuannya. Dalam presentasinya beliau juga menjelaskan teori mengenai 3C of Information Technology yaitu Computer, Communication dan Content, dimana 3 hal tersebut tidak bisa dipisahkan satu sama lain, saling mempengaruhi dan mendukung satu sama lain. apabila salah satu ada yang "macet" maka 2 hal lainnya akan terhambat kerjanya. Oleh karena itu kita harus memperhatikan ketiga aspek tersebut dalam aktivitas blogging atau mobile blogging. Setelah presentasi selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi berikutnya yaitu "Social Media".

Sesi "Social Media", dibawakan oleh Dimaz Maulana, dalam materinya mas Dimas menjelaskan peran social media pada blog kita, dimana social media seperti Facebook, Twitter, Youtube dan jejaring sosial lain dapat digunakan untuk meningkatkan kepopuleran blog kita di dunia maya. Dengan meningkatnya tingkat kepopuleran blog kita maka jumlah pengunjung blog kita akan meningkat secara signifikan. Pemilik akun twitter @uniqpost ini juga menjelaskan bagaimana caranya menghubungkan akun facebook kita dengan blog kita dengan memasang plugins resmi dari facebook seperti Like Book, Comment, Send Button dan lain-lain. Kode plugins  ini bisa anda  peroleh di http://developers.facebook.com/docs/plugins/. Disini saya akan menjelaskannya kembali apa yang disampaikan mas Dimas didalam Blogilicious Trah Yogyakarta kemarin.
  • Like Button: Tombol ini memungkinkan pengguna/pengunjung berbagi halaman dari situs Anda ke profil Facebook mereka dengan satu klik.
  • Send Button: Tombol Kirim memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengirim konten Anda lewat pesan ke teman-teman mereka.
  • Recommendations: memberikan saran  kepada pengunjung untuk mengunjungi halaman di situs Anda, yang mungkin akan mereka sukai.
  • Like Box: memungkinkan pengunjung blog anda untuk menyukai halaman Fans Page Facebook Anda dan melihat live streaming dari blog Anda.
  • Comments: memungkinkan anda untuk menggunakan form komentar dari Facebook ke dalam  blog Anda, sehingga pengunjung dapat berkomentar di blog Anda dengan menggunakan akun Facebook mereka.
Selain Facebook, menurut mas Dimas, kita juga bisa menggunakan fitur tweet atau retweet dari Twitter untuk meningkatkan kepopuleran blog kita. Fitur bagus dari Twitter ini dapat diperoleh dengan mudah di http://twitter.com/about/resources/ disana terdapat 4 layanan yang dapat anda gunakan jadi tidak hanya fitur tweet button saja, disana juga terdapat follow button, widget button dan Twitter logo. Pasanglah fitur-fitur menarik dari Facebook dan Twitter ini sesuai dengan kebutuhan. Selain itu mas Dimas dalam seminar Blogilicious Trah Yogyakarta juga menjelaskan sebaiknya kita jangan asal share atau retweet, kita harus pintar memilih waktu yang terbaik sehingga banyak yang akan mengklik artikel kita dan visitorpun akan naik. Dalam penelitian yang dilakukan mas Dimas bersama teman-teman komunitasnya mengenai waktu traffik tertinggi di Facebook dan Twitter. Dalam hal ini ada dua waktu yang disarankan karena lalu lintas di kedua situs jejaring sosial tersebut yakni 19.00 - 22.00 dan 10.00 - 12.00. Selain itu mas dimas juga menyarankan kita untuk memisahkan akun Facebook dan Twitter pribadi kita dengan akun blog kita agar mendapatkan banyak follower, karena ini akan menyebabkan penggemar atau follower kita merasa terganggu timeline-nya dengan tweet pribadi kita sehingga besar kemungkinan mereka meng-unfollow akun kita. Setelah sesi ini selesai dilanjutkan dengan tanya jawab dari peserta Blogilicious Trah Yogyakarta kepada para pemateri, mas Pribadi Nirwana dan mas Dimas Maulana. 

Mbak Mubarika saat menjadi pemateri pada sesi
"Blog Monetizing"
(sumber foto: http://www.facebook.com/rifqi.sultoni)
Kemudian sesi selanjutnya, sesi "Blog Monetizing", sesi ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh semua peserta Blogilicious Trah Yogyakarta ini terlihat dari besarnya antusiasme peserta dalam mengikuti sesi ini. Sesi Blog Monetizing ini diisi oleh para pendiri IdBlogNetwork, 2 dari 3 founder yaitu mas Kukuh Tripamungkas Wicaksana (Technical Director) dan mbak Mubarika Darmayanti (Director of Business),  Presentasi dilakukan oleh mbak Rika, panggilan akrab mbak Mubarika. Presentasi diawali dengan perkenalan para pendiri IdBlogNetwork, dari sana saya bisa mengenal lebih dekat para sesepuh ini, mbak Rika dalam profilnya ternyata pernah menjadi Advertising Manager di sebuah majalah wanita indonesia, kemudian mas Kukuh yang ternyata merupakan pendiri Kumpul Blogger (saya baru mengetahuinya saat mbak Rika menjelaskannya), beliau orangnya kayaknya pemalu seperti saya, hehe.  Mbak Rika kemudian menjelaskan satu founder lainnya yang tidak bisa hadir dalam Blogilicious Trah Yogyakarta yaitu mas Mochammad Farid (Managing Director), menurut mbak Rika, mas Farid memang lebih sering  bekerja di belakang layar. Setelah berkenalan mbak Rika kemudian mengajak para audiens untuk mengenal IdBlogNetwork yang mereka dirikan pada 1 Agustus 2010. Mbak Rika menjelaskan Konsep idblognetwork.com adalah memfasilitasi Advertiser/brand untuk melakukan kampanye marketing melalui jaringan blogger Indonesia. Kami menghubungkan para blogger dengan advertiser/brand melalui satu platform dan dapat diakses real time secara langsung untuk memantau kesuksesan sebuah digital campaign, sekaligus meningkatkan brand awareness, brand building, serta menjaga brand image melalui konsep "mouth to mouth" ala media digital. IdBlogNetwork adalah Jaringan  blog yang memiliki kualitas tinggi (No SARA + No Adult content)  dan yang memiliki traffik tinggi, konten orisinal bukan hasil copypaste dan memiliki passion dalam dunia blogging serta membuka kesempatan yang luas bagi advertiser/brand untuk langsung "menyentuh" target konsumen mereka. Anggota IdBlogNetwork sampai saat ini sebanyak 4,226 blogger dan 4,758 blog yang masih dalam proses review. Menurut mbak Rika, IdBlogNetwork berusaha  untuk memilah blog yang berkualitas dan memiliki kontent orisinal. Untuk mendaftar menjadi anggota, sekarang menggunakan sistem Reco, jadi bagi yang berminat menjadi anggota maka harus mempunyai rekomendasi dari orang yang sudah diterima menjadi anggota.  Metode campaign yang ditawarkan di IdBlogNetwork ada 3 yaitu CPC (Cost Per Click), CPA (Cost per Action) , dan CPP (Cost Per Post). Metode CPA akan dilaunching untuk pertama kalinya pada akhir bulan ini, semoga cepat terealisasi ya mbak. Amiin. Setelah presentasi dari IdBlogNetwork selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di sesi mbak Rika dan mas Kukuh dibanjiri pertanyaan dari para peserta  Blogilicious Trah Yogyakarta yang dari awal sangat antusias memperhatikan presentasi dari pihak IdBlogNetwork. Setelah tanya jawab kemudian mas Amril Taufik Gobel menepati janjinya selama acara yaitu akan ada kuis berhadiah 4 Job Review masing-masing sebesar satu juta Rupiah. Pada  hari pertama, mas Amril memberikan 2 Job Review kepada satu kepada member IdBlogNetwork dan satu lagi kepada non-member. Setelah kuis job review akhirnya Seminar dan semi workshop, jam di dinding menunjukan pukul 15..30, Blogilicious Trah Yogyakarta ini ditutup dan dilanjutkan keesokan harinya, pada hari Minggu 12 Juni 2011. 

Walaupun acara sudah ditutup, tetapi para peserta termasuk saya belum meninggalkan ruang seminar, saya lebih memilih untuk tetap di dalam untuk berkenalan dan ngobrol dengan para blogger lainnya untuk salin berbagi pengalaman. Setelah puas, saya pun berpamitan, tidak terasa sudah hampir pukul 16.45. Blogilicious Trah Yogyakarta hari pertama ini benar-benar  menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya, saya pun menjadi ngga sabar lagi untuk menghadiri hari keduanya. Setelah sampai kos, saya langsung mandi kemudian sholat ashar. Kemudian setelah itu saya buka buku catatan dan mulai mencatat apa yang disampaikan oleh pemateri tadi, saya memang terbiasa tidak menulis saat presentasi/kuliah berlangsung, saya lebih fokus untuk memperhatikan pemateri, saya hanya mencatat beberapa poin penting yang disampaikan, kemudian mengembangkan dengan bahasa sendiri setelah sampai di rumah atau kos. Setelah shalat maghrib rasa kantuk berat menyerangku, dan akhirnya saya menyerah kepada mata ini, saya tidur pada pukul 20.00 setelah shalat Isya' dan makan malam di warung Pecel Lele dekat kos. Dengan ini saya pun harus merelakan malam minggu. Selamat tinggal malam minggu, saya mau tidur dulu. hehe.. 

B. Hari Kedua Blogilicious Trah Yogyakarta
Minggu, 12 Juni 2011, saya bangun tepat pukul 4.00 pagi, masih terlalu pagi memang tapi saya memutuskan bangun dan sholat shubuh, kemudian saya menghidupkan laptop dan membaca beberapa situs portal berita dan tidak lupa untuk Blogwalking agar blog saya tetap sehat. hehe. Setelah mentari pagi sudah muncul untuk  menghangatkan udara pagi, saya keluar untuk sarapan untuk mengganjal mengingat pagi ini saya akan mengikuti acara yang sangat menarik yaitu Blogilicious Trah Yogyakarta hari kedua. Setelah sarapan karena seminar masih akan dilakukan pada pukul 10.00 masih ada waktu sekitar 3 jam, saya pun memutuskan untuk refreshing sejenak ke Sunday Morning di lembah UGM. Setelah puas jalan-jalan saya pulang kembali ke kos dan mempersiapkan diri untuk menghadiri Blogilicious Trah Yogyakarta. Ketika jarum jam di dinding menunjukkan angka 9.00 saya sudah siap untuk berangkat lalu saya kirim SMS ke Firman Koga untuk berangkat bareng, awalnya saya kira dia masih di alam mimpi, namun setelah  beberapa saat akhirnya dia membalas "Ayo!!!" dan akhirnya kami pun sepakat berangkat bersama ke acara RoadBlog 2011 IdBlogNetwork, Blogilicious Trah Yogyakarta. Setelah sampai di ruang seminar UPN Fakultas Pertanian dan kemudian melakukan registrasi ulang serta mengambil snack yang sudah disediakan oleh panitia. Selanjutnya saya dengan Firman langsung masuk ke ruang seminar dikarenakan seminar dan semi workshop sudah dimulai, begitu masuk saya langsung mendapatkan sebuah kertas yang isinnya Kuisioner dari panitia. Saya awalnya ngga mengerti dengan tapi saya pikir nanti juga pasti akan dijelaskan pemateri.

Blogilicious Trah Yogyakarta
Mas Eko SHP sedang memberikan materi pada sesi
"Blogpreneur"
(sumber foto: http://eshape.wordpress.com) 
Acara Seminar dan Semi Workshop dalam rangka RoadBlog IdBlogNetworkBlogilicious Trah Yogyakarta akhirnya dibuka kembali oleh sang moderator,  Amril Taufik Gobel yang seperti biasanya memperkenalkan para pemateri yang akan tampil mempresentasikan sesi pertama di hari kedua ini. Sesi "Blogpreneur" yang diisi oleh mas Eko SHP sedangkan pada sesi selanjutnya "Blog Security" yang akan diisi oleh Aldy Terren Putra. Kemudian setelah pemateri siap mas Amril pun mempersilahkan mas Eko SHP untuk memulai materinya. Dan akhirnya mas Eko SHP turun dari podium dan memaparkan materi sambil berdiri, saya pun merasa lebih rileks, untuk mengikutinya. Kemudian beliau menyapa para peserta Blogilicious Trah Yogyakarta dengan penuh semangat, aura suaranya yang begitu khas membuat antusiasme saya untuk mengikuti acara ini menjadi semakin menggebu, kemudian beliau memperkenalkan diri dan menjelaskan mengapa para peserta diberikan kuisioner, beliau menjelaskan bahwa dengan mengisi kuis tentang kelompok warna otak maka para peserta seminar akan tahu dirinya termasuk golongan warna otak mana (ada empat warna yaitu: blue brain, yellow brains, red brain, green brain) sehingga mereka bisa tahu karakternya. Selesai menjelaskan lalu beliau mempersilahkan para peserta untuk mengisi urutan-urutan yang benar-benar menggambarkan dirinya, urutannya dimulai dari nomer 1 sampai 4 kemudian dihitung, mana nilai yang paling kecil itulah yang menggambarkan diri anda. Sambil menunggu para peserta mengisi kuisioner, beliau menanyakan pada audiens "Siapa yang ingin dapat uang ini (sambil mengeluarkan uang Rp 100.000 dari dompet) dari saya?" Kemudian ada seorang peserta yang langsung menyahut dan langsung masju kedepan, awalnya ulah peserta itu ditertawakan, tetapi begitu uang itu benar-benar diberikan, banyak yang  tadinya menertawakan menjadi malu tersipu termasuk saya. (saya juga mau pak, hehe).. Seusai memberikan uangnya, mas Eko menjelaskan bahwa pentingnya take action, jika kita hanya berpikir dan berpikir tanpa ada aksi maka kita akan melewatkan sebuah kesempatan yang datang pada kita, seperti kita tahu tidak ada yang menjamin kesempatan/peluang akan datang dua kali, sehingga apabila datang sebuah kesempatan maka kita harus langsung beraksi, jangan lama-lama berpikir, karena inilah merupakan jiwa entrepreneur. Kembali ke kuis tadi setelah para peserta selesai menjawab kemudian beliau menyuruh untuk menghitungnya. Setelah selesai, saya bisa menyimpulkan bahwa saya ternyata termasuk dalam golongan Blue Brain dan Introvert, intinya orang dengan golongan warna blue brain biasanya sangat analitis dan sering membuat keputusan berdasarkan fakta, bukan perasaan, suka dengan matematika, suka mengetahui fakta-fakta, senang untuk mengetahui bagaimana sesuatu bekerja, memiliki pemikiran yang logis, sedangkan introvert menurut mas Eko adalah pribadi suka menjadi pendengar yang baik dalam suatu kelompok atau lebih suka menyendiri di rumah daripada harus berkumpul dengan orang lain, atau berjam-jam duduk di depan komputer. hmm benar juga ya... hehe. Dalam presentasinya mas Eko menjelaskan bahwa blogpreneur adalah blogger yang menghasilkan uang (penghasilan) dari blog selain itu beliau juga memberikan ilmunya untuk menjadi seorang blogpreneur yaitu:
  • Gunakan Otak kanan (dan otak kiri secara seimbang) dalam ngeblog. Tips ini diawali mas eko dengan  meminta bantuan kepada 4 peserta seminar dan kepada mas Novianto Puji Raharjo untuk memberikan pertanyaan. Kemudian mas Novi menanyakan "bagaimana bentuk alat vital kalian ketika berhubungan?"  kepada 4 peserta seminar tadi seketika peserta seminar pun tertawa,. Setelah ditanya satu per satu tetapi ternyata tidak ada yang bisa menjawab (mungkin malu kali ya?) hehe. Setelah tidak ada yang bisa menjawab, lalu mas Novi menyuruh 2 peserta untuk berjabat tangan, nah seperti  itulah bentuknya, katanya. Itulah yang dimaksud dengan cara berpikir dengan otak kanan. Dalam menulis blog sebaiknya kita menggunakan otak kanan, maka tulisan kita akan kreatif, acak, imajinatif, spontan, tidak terstruktur. Kemudian beliau memberi tips agar kita kembali mengeditnya dengan otak kiri, gaya berpikir otak kiri adalah terstruktur, sehingga tulisan kita akan lebih rapi dan enak dibaca oleh orang lain
  • Gaul (Social Media). Bergabunglah dengan komunitas baik online (Facebook, Twitter, forum dan sebagainya) maupun komunitas offline (komunitas blooger di kota kita) dan perluas jaringan pertemanan kita di sana. Beliau juga mengingatkan pada para peserta bahwa kita harus mematuhi etika dan aturan yang berlaku di social media.
  • Suka berbagi. Janganlah egois, berbagilah dengan orang lain atau teman kita di komunitas yang kamu ikuti (social media). Dengan begitu kita akan mendapatkan banyak connection teman yang senantiasa memberikan saran dan kritikan yang tulus dari mereka.
  • Gunakan rumus 2-2-7. Awalnya saya merasa aneh, rumus apaan ini. Ternyata setelah beliau menjelaskan, saya jadi mengerti maksud mas Eko, yang dimaksud 2-2-7 disini adalah Senyum 2cm ke kanan, 2cm ke kiri selama 7 detik. Ingat hanya selama 7 detik, kalau selama 7 menit, berarti anda gila! hehe
  • Berdoalah. Kekuatan doa tidak ada duanya. Mas Eko menyarankan agar selalu berdoa pada Tuhan agar senantiasa sukses. 
  • Bersyukur apabila action gagal. Janganlah kecewa, karena kita sudah beraksi, teruslah berusaha sampai menemui sebuah kesuksesan. Tuhan tahu apa yang terbaik buat kita.
Presentasi yang luar biasa dari mas Eko SHP akhirnya berakhir kemudian dilanjutkan sesi dselanjutnya Banyak ilmu yang saya dapatkan dari presentasi beliau, saya menjadi lebih termotivasi lagi untuk menjadi blogpreneur yang sukses. Semoga saya bisa mewujudkannya, mohon doanya kawan... 

Sesi "Blog Security" dengan pemateri Aldy Terren Putra, juga tak kalah dahsyatnya, dimulai dengan perkenalan dengan para peserta  Blogilicious Trah Yogyakarta, dari perkenalan tersebut dapat diketahui bahwa mas Terren adalah ahli dalam bidang security dan hacking. Namun,saya percaya beliau sebagai  whitehat hacker, kenapa? Karena saya yakin pendiri forum.segelaskopi.com ini tidak akan penah menghack situs, kecuali mungkin untuk menunjukkan kelemahan suatu situs tidak untuk mengambil keuntungan, dengan begitu admin situs tersebut akan menyadarinya seperti yang beliau katakan pada teman blogger saya pada suatu kesempatan. Pada sesi ini, mantan pemilik ID Jerren.JR ini memaparkan pengertian hacker dan tingkatannya berdasarkan keahliannya. Menurut beliau, hacker adalah sebutan untuk mereka yang menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Berbeda dengan cracker yang memanfaatkan kelemahan-kelemahan pada sebuah sistem atau software untuk melakukan tindak kejahatan. Sedangkan tingkatan hacker menurut mas Terren ada 5 yaitu (dari rendah ke tinggi) Lamer, Script Kiddie, Developed Kiddie, Semi Elite dan Elite. Setiap tingkatan mempunyai keahlian dan kemampuan yang berbeda, dimana tingkatan tertinggi ada pada Elite. Beliau juga menjelaskan secara singkat mengenai teknik hacker. Ada 5 teknik yang dijelaskan mas Terren yaitu SQLi, Cross Side Scripting (XSS), Load File Inclusion (LSI), Remote File Inclusion (RFI) dan yang terakhir adalah DOS Attack. Di sela-sela presentasinya, Mas Terren menyarankan bagi blogger yang menggunakan Joomla agar berpindah ke layanan lain seperti Blogspot atau Wordpress karena komponen dari Joomla sangat rentan untuk diserang oleh peretas. Bagi blogger yang menggunakan blogspot seperti saya ini, berbahagialah, karena sistem security Google bisa menjamin akun anda aman dari bahaya hacker, sedangkan untuk pengguna wordpress juga cukup aman menurut mas Terren, karena sistem keamanan Wordpress sudah cukup kuat walau masih ada kemungkinan untuk diserang. Oleh karena itu, beliau memberikan tips-tipsnya bagi blogger pengguna wordpress  yaitu:
  • Update versi Wordpress yang anda gunakan.
  • Amankan data Wordpress anda.
  • Cegah malicious data dengan menggunakan .htaccess, hide admin panels untuk multi author
  • Backup blog Wordpress anda secara berkala. 
  • Menggunakan Wordpress plugin security.
Sebelum menyudahi sesi presentasinya, ahli keamanan yang pernah hampir dipenjara karena menghancurkan server colocation hosting ini juga menularkan ilmunya tentang apa yang dilakukan apabila situs kita diserang hacker yaitu segera mengubah semua profile kita mulai dari username dan password kita, mengubah password semua email kita baik itu Yahoo atau Gmail kita, backup database situs kita. Seusai sesi Security Blog selesai kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, untuk sesi Blogpreneur dan Blog Security. Disini ada kejadian unik dimana ada salah satu ada peserta seminar yang memberikan masukan kepada mas Terren mengenai Blog Security ini, yang akhirnya dijawab oleh beliau dengan "Yogya Memang Istimewa" sambil mengacungkan jempol, karena menurutnya baru kali ini ada peserta Blogilicious menyuarakan masukan padanya. Saya merinding saat mendengar beliau mengucapkan tiga potong kata tersebut. Ada rasa bangga yang memuncak. Applause buat Yogya! Bagi yang ingin mendownload materi presentasi dari Mas Terren dapat didownload disini: http://jacket-cyber.co.cc/download/security.ppt

Selanjutnya setelah sesi tanya jawab selesai, Amril menutup sesi ini dan dilanjutkan Ishoma, tak berselang lama para peserta pun mendapat menu makan siang yang nikmat di saat perut ini mulai "berteriak" karena minta diisi. Ternyata menu makanan hari kedua ada Sate-nya! Menu favorit saya nih, terima kasih ya panitia, kalian memang yang paling mengerti saya. hehe. Di saat jeda makan siang ada pengumuman dari mbak Raden Ajeng Nunuk mengenai Lomba Semi SEO Roadblog 2011 IdBlogNetwork untuk kota Gudeg ini, dimana pada lomba ini menggunakan keyword:  Blogilicious Trah Yogyakarta dan dijelaskan aturan-aturan yang berlaku di lomba semi SEO ini seperti isinya mengenai roadblog yang diadakan dan harapan-harapan kita terhadap kegiatan Roadblog yang diadakan IdBlogNetwork ini serta persyaratan lain yang harus dipatuhi para peserta. Aspek penilaiannya yaitu orisinalitas, kesesuaian dengan tema dan gaya penyajian. Lomba SEO ini akan berakhir pada tanggal 27 Juni 2011. Untuk Informasi mengenai lomba Semi SEO ini bisa dilihat disini: http://idblognetwork.com/blogilicious-lomba-seo/yogyakarta/. Kemudian setelah selesai menjelaskan teknik pelaksanaan lomba, mbak Ajeng mengumumkan pemenang lomba semi SEO Blogolicious Surabaya dan Makassar dimana  untuk kota Surabaya dimenangkan oleh Syafir, blogger dari Madura sedangkan untuk kota Makassar dimenangkan oleh Rizved. Selamat ya bagi para pemenang, semoga kemenangan ini memperkuat semangat ya kalian dalam ngeblog dan makin memotivasi untuk menghasilkan kontent blog yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa. Amin. 

Setelah mendengarkan dengan seksama pengumuman dari mbak Ajeng, kemudian para peserta keluar ruangan seminar, untuk melakukan sholat dhuhur di mushola. Setelah sholat, saya langsung menuju ke lantai 3 kembali, disana seperti di hari pertama, saya memanfaatkan jeda istirahat ini   berkenalan dengan peserta dan ngobrol berbagi pengalaman selama ngeblog. Selang beberapa saat akhirnya kami memutuskan untuk masuk ke ruangan karena seminar akan segera dimulai lagi. Saya memilih duduk di barisan paling depan karena setelah ini ada sesi yang menarik yaitu "Search Engine Optimization (SEO)" dan "Theme Design Blog". Seperti biasa mas Amril memperkenalkan para pemateri yang akan mengisi yaitu mas Antok Suryaden yang akan menjadi pembicara pada sesi SEO dan mas Nurudin Jauhari akan menjadi pemateri di sesi Theme Design Blog, saat memperkenalkan mas Jauhari, mas Amril sempat mengatakan bahwa design template blognya adalah karya mas Jauhari. Wow.. jadi makin ngga sabar saya saat itu ingein menyerap ilmunya dari presentasi beliau. 

Mas Suryaden mempresentasikan sesi
Search Engine Optimization (SEO)
(sumber foto:http://www.facebook.com/rifqi.sultoni)
Seusai memperkenalkan kedua pembicara, mas Amril kemudian mempersilahkan mas Suryaden untuk memulai sesi SEO-nya. Tak seperti pemateri lainnya, mas Suryaden menggunakan Microsoft Word dalam presentasinya, sehingga sedikit kurang menarik dan terkesan monoton. Tetapi hal ini dapat terminimalisir karena mas Suryaden juga membagikan print out materi yang dibicarakan kepada peserta seminar. Di awal seminarnya beliau menjelaskan betapa pentingnya kita mengoptimasi blog kita sehingga akan membantu meningkatkan posisi blog kita di SERP  alhasil pengunjung blog kita dari search engine juga akan meningkat. Bagaimana caranya mengoptimasi blog kita? Disini mas Suryaden menjelaskan bahwa ada lebih dari 100 faktor yang mempengaruhi posisi blog kita di dalam hasil pencarian (SERPs). Beliau menyebutkan SERP (Search Engine Ranking Position) adalah rahasia dapur dari mesin pencari yang tidak diketahui secara gamblang teorinya dan ini akan selalu di-update secara berkala oleh search engine yang bersangkutan. Mas Suryaden yang tampil kalem ini kemudian menjelaskan faktor ranking SEO On-Page yang positif, yaitu keyword yang berada pada URL, nama domain, header, tag, meta tag body dan gambar, sedangkan faktor lain on page menurut mas Suryaden adalah domain name class, ukuran file, tanda hubung di URL, dan kesegaran page, dan tema page serta ukuran dan umur situs.  Sedangkan faktor ranking on page yang negatif ada teks adalah bahasa yang buruk, cross link yang berlebihan, melanggar copyright, javascript yang berlebihan, intinya menurut mas Suryaden segala yang berliebihan harus dihindari. Disini saya belajar bahwa terlalu banyak backlink hanya akan membuat ranking kita jatuh di SERPs.  Selain ada faktor on page juga ada faktor Off page, seperti di on page, off page juga ada yang positif dan negatif. Tetapi pada presentasinya mas Suryaden hanya menjelaskan yang on page saja yaitu Page rank, total incoming link, page referer yang berkualitas dan baik, terdaftar dalam DMOZ, Google, Yahoo, dan Social Network. Selain SEO beliau juga menjelaskan tentang SandBox Google, dari penjelasan beliau dapat disimpulkan bahwa Sandbox adalah suatu istilah dimana google akan menghapus url suatu artikel dari blog kita atau penurunan SERPs dari Google secara signifikan. Dari presentasi mas Suryaden dapat diperoleh kesimpulan bahwa dimata search engineContent is King dan dalam mengoptimasi blog kita harus melakukannya secara bijak, jangan berlebihan, karena bisa-bisa blog kita akan terkena sandbox dan ditendang Google.hehe. Tak lupa pula, beliau juga memberikan tips-tips mengatasi blog kita yang terkena Sandbox Google.Oya kemarin malam saya meminta izin untuk mempublikasikan materi SEO dari beliau, Alhamdulillah, mas Suryaden yang baik hati, mengijinkannya. Silahkan bagi yang belum mendapatkan materi SEO atau bagi yang ingin mempelajari SEO, dapat mendownload materi SEO dari mas Suryaden dengan klik disini.

Mas Jauhari memaparkan materi
Theme Design Blog
(sumber foto: http://www.facebook.com/annosmile)
Blogspot vs Wordpress menurut mas Jauhari
Selanjutnya mas Jauhari mempresentasikan sesi terakhir dari Blogilicious Trah Yogyakarta ini, yaitu "Theme Design Blog". Dalam sesi ini beliau mengawali dengan perkenalan kemudian langsung memulai materi utamanya dengan membandingkan dua layanan blog yang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yaitu Blogspot dan Wordpress.  Saya kurang sepakat dengan perbandingan yang dilakukan mas Jauhari saat presentasi ini (maaf lho mas, hehe), karena ada kesan terlalu fanastik dengan Wordpress dan bukan dari pandangan yang netral.  Kemudian desainer yang templatenya dipakai oleh mas Amril ini melanjutkan presentasinya, dia menebutkan bahwa desain template harus disesuaikan dengan tema blog, visi, tujuan, fitur blog dan kemampuan blogging kita, karena ini akan meng-influence pengunjung blog kita, sehingga mereka akan betah untuk berlama-lama di blog kita sehingga membaca konten yang ada di blog pun menjadi lebih enak. Selain itu desain yang bagus akan membuat kesan tersendiri pada pengunjung, sehingga pengunjung akan mudah mengingat blog kita. Mas Jainuri juga mempraktikan secara langsung dimana cara membuat template di Wordpress. Sayang mas Jauhari hanya memfokuskan pada template Wordpress, saya awalnya sangat berharap mas Jauhari akan mempresentasikan cara pembuatan template Blogspot. Tetapi melihat beliau mempraktekan bagaimana membuat Child Themes untuk menjadi sebuah template yang bagus dan menarik. Beliau melakukannya dengan cepat dalam membuat saya menjadi berdesak kagum dan terhibur meskipun tidak ada sesi untuk template blogspot. Di akhir presentasi beliau mengingatkan agar selalu memperhatikan "rambu-rambu" dalam menggunakan template gratis yang tersebar di dunia maya, ini berhubungan dengan hak cipta, sebaiknya nama pembuat yang ada di bagian paling bawah dari template tidak dihapus atau dimodifikasi. Dari sesi design theme blog, saya bisa mengambil pelajaran bahwa desain blog adalah aspek yang penting dalam meningkatkan popularitas blog kita. 

Selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab kepada pemateri dua sesi ini terakhir ini. Ada hal yang menarik terjadi pada saat seorang perserta menanyakan bagaimana agar blog kita mudah diterima DMOZ pada mas Suryaden, apa jawaban beliau? "banyak-banyaklah kamu berdoa" atau saat peserta menanyakan bagaimana cara melakukan Blackhat SEO, tetapi beliau menolak untuk menjawabnya Salut. Sedangkan pertanyaan yang diberikan pada mas Jauhari dijawabnya dengan demo secara langsung walau saya masih kurang begitu memahami karena beliau melakukannya dengan cepat mengingat saya masih newbie

Blogilicious Trah Yogyakarta
Penyerahan kenang-kenangan berupa wayang kulit,
Gatot Kaca dari ketua panitia, mas Azhie kepada
IdBlogNetwork yangditerima oleh mbak Rika.
(sumber foto: http://www.facebook.com/rifqi.sultoni)
Sesuai janjinya pada hari pertama, mas Amril kembali memilih para peserta untuk mengikuti kuis yang berhadiah 2 job review, dipilh 4 orang dari non member dan 4 orang dari member, setelah melalui proses yang cukup lama akhirnya terpilih 1 blogger dari member untuk mendapatkan job review. Kemudian panitia penyelenggara lokal yang selama dua hari ini lebih banyak di belakang panggung didaulat untuk tampil ke depan untuk memperkenalkan diri dan setelahnya peserta non member untuk menyebutkan nama semua panitia tersebut hingga akhirnya diperoleh satu pemenang dari non member. Setelah pembagian kuis job review dari IdBlogNetwork, kemudian dilanjutkan dengan pidato penutupan dari panitia yang dilakukan oleh mas Toni dalam pidato penutupannya, mas toni atas nama panitia mengucapkan terima kasih pada IdBlogNetwork dan para peserta seminar yang telah hadir dan miminta maaf apabila panitia banyak kekurangan selama penyeenggaraan kemudian diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan berupa wayang kulit Gatot Kaca kepada IdBlogNetwork yang diterima mbak Mubarika oleh ketua panitia penyelenggara lokal, Mas Azhie. Sebelum penyerahan pada saat pidato yang sampaikan oleh mas Toni sebelumnya telah menjelaskan filosofi kenang-kenangan tersebut yang merupakan simbol dari peran IdblogNetwork dalam menaungi para membernya dan memberi manfaat bagi semuanya serta menjadi pilar bagi para blogger untuk menjadi positive blogger.

Acara Roadblog IdBlogNetwork, Blogilicious Trah Yogyakarta, diakhiri dengan sesi foto-foto bersama, semua peserta mengikuti foto bersama. Inilah hasil foto bersama, dengan mengacungkan jempol (IdBlogNetwork memang jempolan), semoga kebersamaan ini terus terjaga dari tahun ke tahun. Amin..

Blogilicious Trah Yogyakarta
Foto Bersama Peserta Blogilicious Trah Yogyakarta Dengan IdBlogNetwork
(sumber foto: http://www.facebook.com/rifqi.sultoni)
Tak ketinggalan, saya pun menyempatkan diri untuk foto bersama para sesepuh dari IdBlogNetwork, mbak Rika dan mas Kukuh. Berikut ini adalah fotonya:
Foto bersama sesepuh IdBlogNetwork, mas Kukuh dan mbak Rika, semoga kesuksesan beliau-beliau
menular pada diri ini, Amiin..
Berikut ini adalah foto 5 panitia yang berhasil menyelenggarakan Blogilicious Trah Yogyakarta dengan sukses, salut buat mereka semua..
Panitia Blogilicious Trah Yogyakarta (dari kiri ke kanan): Mas Azhie, Mas Toni,
mas Hasan, mas Verry dan mas Iqbal
(sumber foto: http://eshape.wordpress.com)

Blogilicious Trah Yogyakarta
Bingkisan dari  IdBlogNetwork untuk para peserta
Blogilicious Trah Yogyakarta
Seusai foto bersama, sayapun gantian menjadi fotografer amatir dadakan karena banyak para peserta Blogilicious Trah Yogyakarta yang meminta difotoin. hehe Pesertanya narsis semua, maaf lho mbak Rika dan Mas Kukuh yang dibuat capek karena harus berkali-kali difoto, harap dimaklumi karena anda sudah jadi superstar bagi kami. hehe. Kemudian setelah semuanya selesai, berhubung hari sudah sore, saya pun kemudian berpamitan kepada para sesepuh IdBlogNetwork dan Blogger senior, tak lupa saya juga berpamitan dengan teman blogger, mas Sandi, mas Akbar, mas Firman dan teman-teman lain. Sampai jumpa di event-event selanjutnya, Blogilicious Trah Yogyakarta 2012 (semoga diadakan kembali, amiin). Sedih harus mengakhiri kebersamaan ini, sukses selalu ya buat kalian semua.

Di luar ruang seminar, saya disambut oleh 2 pegawai dari Berniaga.com dan diberikan bingkisan kenang-kenangan. Terima kasih ya buat semuanya. Saya kemudian menuju tempat parkir motor untuk pulang menuju kost, sepanjang perjalanan saya membayangkan acara-acara Blogilicious Trah Yogyakarta dari hari pertama sampai hari terakhir.. Sungguh ini akan menjadi moment yang tidak terlupakan dan akan selalu tersimpan di lubuk hati saya. Sesampainya di kos, saya langsung membuka bingkisan kenang-kenangan tadi, ternyata isinya adalah sebuah kaos dengan bertulisan "Blogilicious, Blogging has never tasted this good!", stiker Blogilicious dan sebuah sertifikat seminar. Bagus banget pokoknya, sayang ukuran kaosnya terlalu besar untuk ukuran tubuh saya, tapi tidak masalah itu bisa dipermak dan akhirnya bisa saya pakai, sungguh suatu kebanggaan yang luar biasa ketika bisa memakai kaos ini untuk jalan-jalan dan beraktivitas. Terima Kasih sekali lagi buat IdBlogNetwork.

Berikut ini saya tampilkan sldeshow foto-foto di Blogilicious Trah Yogykarta yang saya dapatkan dari beberapa sumber:
Slideshow Foto-foto Blogilicious Trah Yogyakarta


Harapan Saya Terhadap Event Blogilicious
Sebenarnya saya sudah mempunyai harapan-harapan sebelum event Blogilicious ini berlangsung di Yogyakarta. Saya bersyukur sebagian harapan itu sudah terpenuhi di Blogilicious Trah Yogyakarta ini seperti pengetahuan mengenai bagaimana menulis blog yang baik dan beretika sehingga dapat menghasilkan konten yang berkualitas bukan sekedar copy paste, bagaimana cara mengamankan blog dari serangan hacking dan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Alhamdulillah semuanya sudah dibahas oleh para pemateri, ini akan menjadi bekal bagi saya dan para peserta untuk berkelana di dunia blogging. Semoga apa yang disampaikan para pemateri bisa diterapkan para blogger yang mengikuti blogilicious ini sehingga dunia blogging Indonesia semakin kaya dengan content yang berkualitas dan bermanfaat bagi para pengguna internet.

Selain itu, saya sangat berharap event-event ini digelar secara rutin setiap tahun. Dengan begini, misi Blogilicious  untuk menciptakan "positive blogger"  dapat dilakukan secara berkesinambungan sehingga tidak hanya berdampak pada blogger masa kini juga bisa membentengi para generasi muda, calon blogger agar mereka mengenal apa itu Content is King sehingga senantiasa bersemangat untuk menghasilkan blog yang konten berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa dan negara, tak terjebak di dalam paradigma yang salah. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?. 

Saya juga berharap acara Blogilicious dapat menjangkau seluruh nusantara dari Sabang dan Marauke, tidak hanya terfokus dalam berbagai kota besar saja, untuk sementara mungkin bisa dilakukan di kota-kota dimana populasi member IdBlogNetwork sudah cukup banyak, hati saya tersentuh ketika ada teman blogger di Kalimantan, NTB atau Lampung (seperti mas Sandi Prayoga) harus menyeberangi laut untuk mengikuti event ini. Hal ini menunjukkan antusiasme mereka yang begitu tunggi sehingga saya berharap IdBlogNetwork untuk kedepannya penyelenggaraan blogilicious ini bisa lebih merata dan benar-benar menyentuh semua membernya dan blogger di Indonesia. Saya juga ingin mengusulkan IdBlogNetwork juga  mengadakan Blogilicious tingkat nasional semacam Konferensi Blogger yang mana pesertanya berasal dari setiap kota yang disinggahi saat roadblog IdBlogNetwork. Di tingkat nasional ini harapannya para blogger di seluruh pelosok nusantara bisa berkumpul dan saling bertukar pengetahuan dan pengalamannya melalui forum tersebut. Tak berhenti disitu, harapannya blogger yang datang di konferensi bisa menularkan ilmu-ilmunya yang diperoleh saat konferensi tersebut kepada para blogger di daerahnya.

Hal lain yang menjadi harapan saya, IdBlogNetwork melalui kegiatan blogilicious ini bisa menfasilitasi pendirian komunitas blogger di berbagai daerah di nusantara, mungkin konteksnya bisa dibatasi hanya pada blogger yang sudah member sehingga nantinya bisa terbentuk komunitas publisher IdBlogNetwork di berbagai daerah. Dengan adanya komunitas ini, harapannya rasa kekeluargaan dan kebersamaan antara member dengan member lainnya dan member dengan IdBlogNetwork  yang "dibawa" kata trah di Blogilicious Trah Yogyakarta, bisa terus terbina dan terjaga. Selain itu, komunitas ini nantinya akan membantu pekerjaan IdBlogNetwork dalam menyeleksi para blogger yang pantas mendapat Job Review. IdBlogNetwork juga bisa mengadakan pelatihan kepada para komunitas, sehingga bisa menghasilkan blogger dengan konten atau review yang berkualitas seperti yang diinginkan oleh pihak advertiser. Dengan jaringan networking yang berada di komunitas ini juga untuk kedepannya IdBlogNetwork tidak akan mengalami kesulitan dalam membentuk kepanitiaan apabila ingin mengadakan event-event seperti Blogilicious, tinggal melakukan koordinasi dengan komunitas publisher IdBlogNetwork setempat.

Saya juga berharap IdBlogNetwork  melalui Blogilicious untuk kedepannya bisa menjadi sebuah kegiatan sosial jadi tidak hanya diisi seminar dan pelatihan saja tetapi juga bakti sosial kepada masyarakat Indonesia bisa di bidang pendidikan atau penanganan musibah bencana alam. Tunjukkan blogger juga bisa bakti sosial membantu sesama di dunia nyata. Dengan begini, tidak hanya tercipta hubungan silaturahmi yang baik dengan para blogger tetapi juga blogger dengan masyarakat. Mari ubah image kita sebagai blogger di mata masyarakat agar mereka lebih mengenal kita bahwa blogger juga ada di dunia yang sama dengan mereka, tidak hanya dunia maya, yang bisa membantu mereka untuk keluar kesusahan atau kemiskinan. Sungguh betapa indah dan bermaknanya hidup ini apabila kita bisa saling berbagi, saling mengerti dengan sesama.

Oya ada sedikit masukan buat penyelenggaraan Roadblog 2011 IdBlogNetwork di dua kota selanjutnya. Untuk panitia di kota Bandung dan Jakarta, saya harap bisa mempersiapkan diri dan berbagi tugas saat di hari H sehingga seminar bisa berjalan dengan lancar. Kemarin saya kasihan lihat mas Azhie selama acara seminar, beliau sepertinya lari kesana-kemari tanpa ada yang membantu. Koordinasi antar panitia harus diperkuat mungkin bisa dengan  pembagian tugas per section/bagian. Dengan panitia yang sudah berbagi job, harapannya agar tetap kosentrasi penuh terhadap tugasnya. Jangan sampai kejadian seperti insiden lagu Indonesia Raya terjadi di Bandung dan Jakarta. Selanjutnya saran terakhir dari saya, sebaiknya panitia yang tugasnya di bagian acara sebaiknya meminta materi dari para pembicara sebelum sesinya dimulai dan dikumpulkan dalam satu flashdisk misalnya dan di saat presentasi cukup menggunakan satu laptop dari panitia, tidak perlu diganti-ganti. Kenapa? karena saya melihat di setiap pergantian sesi, kita selalu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengoneksikan laptop pembicara ke proyektor bahkan sering tejadi trauble ditengah presentasi. Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua dan saya harap tidak terjadi lagi saat acara Blogilicious di dua kota berikutnya. Buat panitia Blogilicious Bandung dan Jakarta saya do'akan semoga eventnya berjalan lancar dan sukses seperti penyelnggaraan di lima kota sebelumnya bahkan kalau bisa lebih sukses sukses lagi. Amiin. Buat panitia Blogilicuos Trah Yogyakarta, dengan segala kekurangan dan kelebihannya (kesempurnaan hanya milik Tuhan), saya salut dan bangga dengan hasil kerja kalian yang telah mengadakan acara ini dengan sukses. Marilah kita ambil hikmahnya supaya pada penyelenggaraan event-event serupa di masa depan, kita bisa mengadakan menjadi lebih baik dan lebih sukses lagi.

Melalui liputan event Blogilicious Trah Yogyakarta ini, saya ingin mengucapkan terima kasih  yang sebesar-besarnya kepada Para sesepuh IdBlogNetwork selaku penyelenggara, mas Kukuh T. Wicaksana, mbak Mubarika Darmayanti dan mas Mochammad Farid atas terselenggaranya event hebat ini di Kota Gudeg ini dan jangan pernah bosan untuk menyinggahi kota kami. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas perjuangan para panitia lokal Blogilicious Trah Yogyakarta: mas Azhie, mas Toni, mas Verry, mas Iqbal dan mas Hasan yang telah berhasil menyelenggarakan Blogilicious Trah Yogyakarta ini, sukses terus ya buat kalian semua. Kepada para sponsor event ini, Berniaga.com, Telkom Flexy, OSK188, C2 Green Tea dan Ad Positive yang telah membantu terwujudnya event ini.  Kepada para pemateri dan blogger senior yang telah menularkan ilmunya bagi kita semua, mas Blontankpoer, mas Iman Brotoseno, Mr. Julian Gafar, mas Arief H. Utomo, mas Pribadi Nirwana, mas Dimaz Maulana, mas Eko SHP, mas Aldy Terren Putra, mas Suryaden, mas N. Jauhari, mas Amril Taufik Gobel dan mbak Raden Ajeng Nunuk. dan Terakhir kepada kawan-kawan blogger dan peserta yang tidak bisa saya sebut satu per satu, terima kasih atas kebersamaannya. Sungguh suatu kebanggaan yang luar biasa bisa bertemu dan berbagi bersama kalian, tetap semangat menjadi positive blogger ya. Terakhir saya juga ingin meminta maaf apabila dalam liputan ini masih banyak terdapat kekurangan, mohon saya diingatkan apabila terjadi kesalahan, InsyaAllah akan langsung saya revisi, terima kasih.

Sebelum saya mengucapkan kata perpisahan, ada baiknya kita menyanyikan bersama lagu legendaris tentang kota ini yang dipopulerkan oleh Kla Project: Yogyakarta, agar kita selalu mengenang kebersamaan kita selama mengikuti Blogilicious Trah Yogyakarta.


Sampai jumpa IdBlogNetwork (Mas Kukuh, Mbak Rika & Mas Farid), sesepuh-sesepuh blogger, dan kawan-kawan blogger. Semoga kita bertemu di lain waktu, di event-event hebat seperti Blogilicious. Semoga tali silaturahmi kita senantiasa terjaga. Amiin.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp