Friday, May 13, 2011

Pengaruh Magnesium Stearat, Polietilenglikol 4000 atau Campurannya Terhadap Sifat Fisis dan Profil Disolusi Deksametason Pada Tablet Campuran Interaktif Deksametason


Browse » Home » » Pengaruh Magnesium Stearat, Polietilenglikol 4000 atau Campurannya Terhadap Sifat Fisis dan Profil Disolusi Deksametason Pada Tablet Campuran Interaktif Deksametason

Campuran interaktif adalah campuran dimana obat dalam ukuran micronized menempel pada permukaaan partikel pembawa yang berukuran lebih besar. Untuk obat yang berpotensi tinggi (dosis rendah), sistem ini menguntungkan karena dapat menjamin homogenitas dan stabilitas dalam arti tidak mengalami segregasi. Sedangkan unutk obat yang sukar larut dalam air, sistem campuran interaktif akan mempercepat pelarutan obatnya. Selain itu, karena partikel pembawanya relatif kasar maka sifat alir dan kompresibilitasnya relatif baik, sehingga dapat dibuat tablet kempa langsung.

Dalam pembuatan tablet campuran interaktif ini sering digunakan magnesium stearat sebagai bahan pelicin, penambahan ini tidak menyebabkan lepasnya partikel-partikel obat dari unit-unit interaktif. Magnesium sterarat akan menempel dan melapisi unit interaktif hingga stabil, tetapi zat ini memberikan efek negatif terhadap waktu hancur dan penurunan kecepatan pelarutan tablet, hal ini terjadi karena terbentuknya lapisan magnesium stearatselama proses pencampuran tadi. Magnesium stearat bersifat hidrofob sehingga lapisan magnesium stearat yang terjadi menghalangi penetrasi medium cairan untuk menghancurkan tablet dan pelarutan tabletnya.

Sedangkan apabila Polietilenglikol 4000 (PEG 4000) jika ditambahkan ke dalam campuran interaktif juga akan menstabilkan sistemnya. PEG 4000 bersifat hidrofil dan dapat dipakai sebagai bahan pelicin tablet. Pengaruh bahan pelicin yang bersifat hidrofil ini terhadap tablet belum banyak diteliti, oleh karena itu dilakukanlah penelitian ini untuk mengatasi masalah yang timbul.

Dalam penelitian ini digunakan bahan-bahan antara lain: deksametason, PEG 4000, magnesium stearat, metanol, HCL, laktosum. Sedangkan alat yang digunakan adalah cube mixer spektrofotometer, dissolution tester (model Poole dengan pengaduk berbentuk dayung), mesin tablet single punch, hardness tester. Abration tester, disentegration tester.

Pada penelitian dibagi dalam dua bagian besar yaitu pembuatan sediaan dan evaluasi sifat-sifat tablet dan kecepatan disolusi deksametason. Pada bagian pembuatan tablet dilakukan pembuatan granul pembawa 500-700 µg, pembuatan campuran interaktif dan pembuatan tablet campuran deksametason dengan berbagai konsentrasi. Sedangkan pada bagian evaluasi sidat fisik dan disolusi tablet dilakukan uji kerapuhan, uji kekerasan, uji waktu hancur, uji keseragaman bobot, uji keseragaman kada deksametason dalam tablet, dan uji kecepatan pelarutan obat dalam tablet.

Untuk mengetahui pengaruh bahan pelicin, tablet cetak langsung campuran interaktif deksametason (1/3%) dibuat dalam 5 formulasi dengan 5 bahan pelicin yang berbeda, kadar 1%, masing-masing berturut-turut: magnesium stearat, PEG 4000, dan campuran magnesium stearat dengan PEG 400 dengan perbandingan 3:1, 1:1 dan 1:3.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penggantian magnesium sterat dengan PEG 400 sebagai bahan pelicin tablet deksamtason mempengaruhi waktu hancur dan profil disolusi dari deksametason. Karena PEG 400 mempunyai sifat hidrofil maka mempercepat waktu hancur dan memperbaiki profil disolusi dari deksametason. Makin tinggi kadar PEG maka makin cepat waktu hancur dan makin baik profil disolusinya. Walau demikian ada kecenderungan terjadi optimasi. Profil disolusi yang paling baik terjadi pada campuran campuran magnesium stearat dengan PEG 400 dengan perbandingan 1:1 . Disolution efficiency pada menit ke 30 tidak berbeda bermakna pada semua formulasi, tapi pada menit ke 15 terjadi perbedaan bermakna antara tablet yang menggunakan magnesium stearat saja dengan keempat formulasi lainnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp