Pada saat ini orientasi paradigma pelayanan kefarmasian telah bergeser dari
pelayanan obat (drug oriented) menjadi pelayanan pasien (patient oriented)
dengan mengacu kepada Pharmaceutical Care. Kegiatan pelayanan yang
tadinya hanya berfokus pada pengelolaan obat sebagai komoditi berubah
menjadi pelayanan yang komprehensif dengan tujuan untuk meningkatkan
kualitas hidup pasien.
Sebagai konsekuensi perubahan orientasi tersebut maka apoteker dituntut untuk
selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar mampu
berkomunikasi dengan tenaga kesehatan lain secara aktif, berinteraksi langsung
dengan pasien di samping menerapkan keilmuannya di bidang farmasi.
Berdasarkan hal tersebut, Departemen Kesehatan bekerja sama dengan Ikatan
Sarjana Farmasi Indonesia (ISFI) telah menyusun Standar Pelayanan
Kefarmasian di Apotek.
Buku Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek ini merupakan suatu pedoman
praktik Apoteker di Apotek untuk meningkatkan mutu pelayanan.
Download Buku Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek
Buku Standar Pelayanan Kefarmasian yang lain:
- Buku Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek
- Buku Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas
- Buku Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit

0 comments:
Post a Comment