Friday, February 25, 2011

Book "Secercah Cahaya Ilahi"


Browse » Home » » Book "Secercah Cahaya Ilahi"

Barang siapa yang tidak mendapatkan nur dari Allah, niscaya dia tidak akan memperoleh cahaya sedikit pun (QS Al-Nur [24]: 40). Buku ini berkeinginan mengajak para pembacanya untuk hidup bersama Al-Quran atau berperilaku dalam naungan cahaya (nur) Allah Swt. Sebagaimana karya-karya best-seller pengarang buku ini seperti Lentera Hati, Membumikan Al-Quran, dan Wawasan Al-Quran yang bercahaya, buku Secercah Cahaya Ilahi ini ditulis dan dikemas secara efektif untuk menyamai kesuksesan buku-buku sebelumnya tersebut.

Keunikan buku ini terletak di antara keistimewaan buku Lentera Hati dan Wawasan Al-Quran. Topik-topiknya dikembangkan lebih dalam dan luas ketimbang Lentera Hati dan gaya penulisannya disajikan secara mengalir dan enak sebagaimana Lentera Hati, namun pembahasannya tidak sepelik buku Wawasan Al-Quran. Menikmati buku ini bagaikan menikmati sebuah hidangan yang membangkitkan selera karena diberi bumbu seperti aktualitas masalah, penekanan pada problem sosial yang lebih banyak, dan kekayaan ilustrasi yang tepat-mengena yang amat bervariasi. Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, M.A. lahir di Rappang, Sulawesi Selatan, pada 16 Februari 1944. Pakar tafsir ini meraih gelar MA untuk spesialisasi bidang tafsir Al-Quran di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir pada 1969. Pada 1982 meraih gelar doktor di bidang ilmu-ilmu Al-Quran dengan yudisium Summa Cum Laude disertai penghargaan Tingkat Pertama di universitas yang sama.

Pengabdiannya di bidang pendidikan mengantarkannya menjadi Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1992-1998. Kiprahnya tak terbatas di lapangan akademis. Beliau menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (Pusat), 1985-1998; anggota MPR-RI 1982-1987 dan 1987-2002; dan pada 1998, dipercaya menjadi Menteri Agama RI. Beliau juga dikenal sebagai penulis yang sangat produktif. Lebih dari 20 buku telah lahir dari tangannya. Di antaranya yang paling legendaris adalah Membumikan Al-Quran (Mizan, 1994), Lentera Hati (Mizan, 1994), Wawasan Al-Quran (Mizan, 1996), dan Tafsir Al-Mishbah (15 jilid, Lentera Hati, 2003). Sosoknya juga sering tampil di berbagai media untuk memberikan siraman ruhani dan intelektual. Aktivitas utamanya sekarang adalah Dosen (Guru Besar) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta dan Direktur Pusat Studi Al-Quran (PSQ) Jakarta.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp