Thursday, December 30, 2010

Tips Memilih Password yang Aman Dari Serangan Hacker


Browse » Home » » Tips Memilih Password yang Aman Dari Serangan Hacker

Dalam membuat suatu password dari akun tertentu, kita tidak boleh sembarangan dalam membuatnya jika kita tidak ingin password tersebut dijebol oleh hacker yang mampir ke komputer kita. Lebih-lebih password yang menyangkut transaksi keuangan dan juga password lainnya.

Kesalahan fatal dalam membuat password adalah dengan menggunakan nama kita, nomor rumah kita, nomor ponsel/telepon, nama jalan rumah, atau bahkan tempat/tanggal lahir kita. Dengan menggunakan hal-hal tersebut akan ,memudahkan hacker untuk “menjebol” password kita. Berikut adalah tips membuat password yang aman dari serangan hacker:

Pertama, selalu gunakan karakter secara maksimum. Biasanya dalam membuat password ditentukan jumlah karakter minimal dan jumlah karakter maksimal yang bisa kita gunakan. Gunakanlah karakter secara maksimal. Karena semakin panjang karakter yang kita gunakan maka password tersebut semakin sulit untuk ditebak oleh orang lain (hacker).

Kedua, hindari menggunakan data pribadi kita. Cobalah untuk menghindari menggunakan data pribadi, seperti nama kita, nama anak atau nama pasangan kita, nama jalan, nama kota dan lain-lain. Jika ada pihak-pihak tertentu yang mengenai data-data pribadi secara detail maka mereka akan dengan mudah untuk menebak password kita dengan menggunakan data-data tersebut.

Ketiga, gunakan kombinasi huruf kecil dan huruf besar. Dalam membuat password, kita biasanya menggunakan huruf kecil. Akan lebih baik dan aman jika kita menggunakan kombinasi huruf kecil dan huruf besar, dengan demikian akan mempersulit hacker untuk melacaknya.

Keempat, gunakan kombinasi huruf dan angka. Kita juga dapat menggunakan kombinasi huruf dan angka dalam suatu password yang kita buat. Dengan kombinasi tersebut akan mempersulit pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mengetahui password milik kita.

Kelima, gunakan tool untuk mengacak password. Jika menginginkan, kita dapat menggunakan tool pihak ketiga baik yang gratis maupun yang berbayar untuk membuat password yang aman dari serangan pihak lain.

Keenam, jangan menuliskan password tersebut pada tempat apa pun dan juga pastikan kita tidak memberitahukan password tersebut kepada siapa pun termasuk keluarga kita.

Ketujuh, gantilah password tersebut secara periodik. Dengan mengganti password secara rutin diharapkan akan semakin menyulitkan pihak lain untuk menebak password kita.

Kedelapan, Perhatikan pertanyaan keamanan yang ada di akun anda. Normalnya pertanyaan keamanan digunakan pada saat anda lupa password anda kemudian anda menggunakan fitur "forgot password" yang ada di akun anda. Gunakanlah pertanyaan keamanan yang seprivasi mungkin hingga anda sendiri saja yang mengetahuinya, jangan gunakan data pribadi atau apapun yang mudah ditebak seperti "Dimana saya lahir?" dll., karena menurut saya fitur inilah inilah jalan pertama yang dilakukan hacker dalam membajak akun korbannya. Lebih lengkapnya baca disini.

Kesembilan, Gunakan password yang berbeda di setiap akun yang anda buat. Langkah ini setidaknya akan mengurangi resiko akun-akun lain anda terkena hacking, apabila salah satu akun dihack. Bayangkan apabila password salah satu akun anda diketahui dan anda selalu menggunakan passwod yang sama setiap anda membuat akun diinternet maka akibat yang lebih buruk akan terjadi bila hacker kembali menggunakan password yang sama tadi di akun-akun lain milik anda tersebut. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp