Tuesday, October 5, 2010

Book "Dari Garasi Jeff Bezos Mendirikan Amazon.com"


Browse » Home » » Book "Dari Garasi Jeff Bezos Mendirikan Amazon.com"

Banyak orang yang berpikiran bisnis harus cepat untung. Tidak ada yang salah dengan harapan tersebut, namun ada fakta menarik khususnya untuk bisnis dotkom. Anda pasti tahu Amazon.com, tapi tahukah anda kalau Amazon yang didirikan pada tahun 1995 baru mendapatkan keuntungan delapan tahun kemudian, yaitu pada tahun buku 2003?

Buku yang berjudul “Dari Garasi Jeff Bezos Mendirikan Amazon.com” dapat memberikan inspirasi kepada para pebisnis dan penggiat TI yang ingin eksis dalam bisnis dotcom. Bahwa bisnis dotcom memiliki aturan main dan paradigmanya sendiri yang harus dipahami dan dicermati. Kini telah tumbuh apa yang disebut sebagai google economy, sebagai salah satu dari cabang bisnis dotcom. Amazon.com sendiri dapat merepresentasikan gambaran bisnis online yang sesungguhnya. Berbeda dengan, misalnya perusahaan yang memasarkan online sebagai alternatif outletnya yang telah dibuka sebelumnya.

Bermula dari garasi yang disewanya, Bezos mendirikan Amazon.com pada tahun 1994. Melalui moto “tumbuh lebih besar dengan lebih cepat”, usaha awalnya berubah dari satu toko buku sederhana menjadi raksasa perdagangan virtual dan toko online terbesar di dunia karena menyediakan berbagai barang dagangan yang super lengkap; mulai dari buku, DVD, CD musik, permainan, perangkat lunak komputer, pakaian, perhiasan, hingga makanan.

Ketekunan, keahlian teknis, dan komitmen terhadap kualitas yang dimilikinya, membuat Bezos mampu menjadi salah satu orang terkaya di dunia pada usia yang amat muda, 33 tahun. Dia juga pernah dipilih sebagai man of the year pada tahun 1999 oleh majalah Time.

Dalam buku ini, Bernard Ryan, Jr dengan baik mengisahkan perjalanan hidupnya yang luar biasa dan rahasia di balik sukses kehidupan bisnis dan pribadinya. Anda pun bisa belajar banyak dari kesuksesannya.

Selama delapan tahun operasinya Amazon.com tidak berhasil mencetak keuntungan dari bisnisnya yang tumbuh pesat dan mendunia. Pada tahun 2000, kalimat “mendapatkan laba” bagi Amazon.com masih lah sebuah mimpi. Pada suatu kesempatan di akhir tahun 2000 di depan seluruh karyawannya, Jeff Bezos, pendiri Amazon.com, mengumumkan bahwa bisnis mereka dapat menguntungkan. Karyawan hanya terdiam, karena pada waktu itu, karyawan tidak pernah mendengar bahwa perusahaan mendapatkan keuntungan. Tapi kemudian mereka bersorak, setelah si CEO meyakinkan bahwa dia serius dengan ucapannya.

Bezos memang sepertinya santai dengan tingkat profitabilitas dan nilai pasar perusahaan. Ketika terjadi ledakan balon ekonomi dotcom pada Januari 2000, saat itu saham Amazon.com turun sebesar 40%nya dan harus memecat 1.300 karyawan, Bezos santai saja karena dia tahu Amazon.com telah melayani dua juta pelanggan pada tahun 2000, enam juta lebih besar dari tahun sebelumnya, dan terus tumbuh. Dengan jumlah pelanggan di atas, Bezos tetap yakin bahwa pertumbuhan yang konstan di masa mendatang tetap menjanjikan masa depan gemilang.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp