Monday, May 31, 2010

Bahaya Asap Rokok Bagi Perokok Pasif!


Browse » Home » » Bahaya Asap Rokok Bagi Perokok Pasif!

Merokok, selain merusak diri sendiri juga mebahayakan orang lain yang ikut menghirup asap rokok. Orang yang tidak merokok (membakar dan mengisap batang rokok) dapat dikatakan juga merokok karena asap rokok yang terhirup membawa dampak buruk. Orang-orang ini disebut perokok pasif. Disamping mengisap asap sampingan (sidestream smoke) perokok pasif juga menghirup asap utama (mainstream smoke). Perokok pasif yang menghirup mainstream dan sidestream ini justru mengisap racun yang terkandung dalam asap rokok sebanyak tiga kali lipat

Menghirup asap rokok orang lain lebih berbahaya dibandingkan menghisap rokok sendiri. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif. Sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya.

Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan.

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna. Bahkan Berdasarkan penelitian medis selama 46 tahun, rokok ternyata mengandung 4000 jenis bahan kimia yang berbahaya dan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Dalam penelitian dengan metode kohor atau meneliti kehidupan masyarakat yang merokok dan tidak merokok secara langsung sejak tahun 1958 hingga kini, diketahui kebiasaan rokok dapat menimbulkan puluhan jenis penyakit dan membahayakan masyarakat.

Berikut ini adalah sedikit contoh dari ribuan zat berbahaya yang terkandung di sebuah batang rokok:
  1. Acrolein: zat berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya. Pada dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan.
  2. Karbon Monoksida: gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat karbon. Jika karbon monoxida ini masuk ke dalam tubuh dan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida, berakibat seseorang akan kekurangan oksigen.
  3. Nikotin: cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa menghambat rasa lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena mengisap rokok.
  4. Ammonia: gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.
  5. Formic Acid: cairan tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh.
  6. Hydrogen Cyanide: gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian.
  7. Nitrous Oxide: gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.
  8. Formaldehide: gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama.
  9. Fenol: zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzyme.
  10. Acetol: zat ini adalah hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol.
  11. Hydrogen Sulfide: gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen).
  12. Pyridine: cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
  13. Methyl Chloride: merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas mana hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.
  14. Methanol: cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian.
  15. Tar: cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru.
Sedangkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional 2004 menunjukkan, lebih dari 87 persen perokok aktif merokok di dalam rumah ketika sedang bersama anggota keluarganya. Survei ini juga menemukan 71 persen rumah tangga memiliki pengeluaran untuk merokok.

Oleh karena itu mulai sekarang, kita harus senantiasa mewaspadai bahaya sebagai perokok pasif. Semoga saja jumlah perokok di dunia semaikin menurun. sehingga planet bumi ini menjadi begitu harmony. Semoga saja.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


9 comments:

Miss Rinda on May 31, 2010 at 7:47 PM said...

yupz srinG bgT dgr info soaL prokok pasiF,hufftt tp mw gmn Lg,kl nglaranG org Lain yg g knaL ntar yg ada mlah kna damprat...kaburrrr

Warm Greetings,

|
|
V

Miss Rinda - Personal Blog

FaiK Fauzi MuLaCheLLa on May 31, 2010 at 9:28 PM said...

@Miss Rinda: ya mau bagaimana lagi, kita harus melarangnya, cz kalo kita ditempat umum kita jg punya hak untuk melarangnya.. mungkin kita bisa ngomong secara baik2.. InsyaALLAH si perokok juga pasti akan mengerti.. ^^ n mau mematikan rokoknya...

jangan malah kabur.. hihihi

oya miss slogannya bener2 ganti yah??? sayang banget... padahal km ngga salah lho.. dasar orangnya itu aja yg over sensitif... sabar ya miss...

Maz Andy on June 1, 2010 at 1:17 AM said...

Jujur saya juga perokok, tapi gak berat kok.. hehehe, nice info, semoga share ilmu ini berguna bagi yang belum tau..
salam persahabatan dari: CeLoteh ALa FaceBOOK

mixedfresh on June 1, 2010 at 2:14 AM said...

biasanya kalo di tempat umum perokok ga peduli, kasian juga sih yang pada ngisap jadi perokok pasif, dampaknya lebih gede

Miss Rinda on June 1, 2010 at 12:08 PM said...

duH ia mksH byk y faiK,,gpp udaH biasa nie di jelesin cwe ik,,hihi^^
susaHnya jd oraNg canTiQ yg baik hti (ini br diprotes ik krn nrss hihi^^)

paLing skrG pake foot komenT'y k yg msH barU aja,aBis ktanya kl sring2 tkT dianggeP spaM jg biarpN g ngrti ^_^

Ananto Danang Wibowo on June 1, 2010 at 5:49 PM said...

mengerikan!! ! ! ! ! !
hehehe...nice share

FaiK Fauzi MuLaCheLLa on June 1, 2010 at 7:16 PM said...

@mas andy: Wah kalo bisa dihilangkan ya kebiasaan meroko, soalnya selain mengganggu kesehatan diri juga kesehatan orang lain ikut terkena imbasnya.. lagian tanpa rokok, dompet pun jd tahan lama tebelnya,, hehehe

@Mixedfresh: memang... banyak orang yang ngga tahu masalah ini, dikiranya perokok pasif ngga terkena imbas-nya, pdahal justru peerokok pasif yg paling besar resikonya.. mohon dishare info ini biar semua perokok tahu bahwa kebiasaannya juga membahayakan kesehatan orang lain..

@Miss Rinda; Iya afwan Rinda.. sama-sama... ^^
haha Kumat lagi niy Narsisnya.. ampun dah... :P Sayang sampe sekarang belum diketemukan obat narsis.. wkwkwk
Iya Miss memang bahaya bisa dianggap spam kalo gitu.. makanya hati2.. hihi biar ngga ketangkap polisi google gara2 disangka nyebarin spam.. wkwkwk
Keep Blogging...

With Peacefull, for other is everything..
|
|
|
V
FaiKShare | Of The Blogger, From The Blogger, For All

hehehee

@Ananto: Iya memang makanya kalo bisa info in disebarkan biar semua peroko tahu.. ^^

Miss Rinda on June 2, 2010 at 9:10 AM said...

ia y pliz tolong dicariin obat anti narsisnya ik..wkwkwkwk

hu'uh nie takut kalo ktauan satpoL pp...wkwkwkwk

paLing cum kasiH clue gini aja skrg c

Warm Greetings,
Miss Rinda - Personal Blog

biaR kl liat profil blog ktauaN deh yg mn yg hrs dituJu,kl msh binGung bawa peta kya dora...hahaha

kaburrr wussssssstttt

Anonymous said...

What a great resource!

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp