Monday, May 3, 2010

Cara Cepat dan Mudah Mencari Jurnal Dengan PubGet


Browse » Home » » Cara Cepat dan Mudah Mencari Jurnal Dengan PubGet

Sebagai orang yang bergelut di dunia penelitian, pencarian literatur jurnal adalah sesuatu yang “wajib”. Setiap tahunnya, kira-kira seperempat miliar menit dihabiskan oleh para scientist di seluruh dunia untuk mencari literatur biomedis secara online! (BiteSizeBio). Tentu saja amat sayang jika waktu yang begitu banyak “hanya” dihabiskan untuk mencari jurnal, jika dialihkan untuk keperluan lain tentu akan lebih bermanfaat dan bisa mempercepat atau mengembangkan hasil penelitian. Bagaimana dengan Anda sendiri? Berapa jam per hari, per minggu atau per tahun yang Anda habiskan untuk mencari jurnal? Jika Anda merasa masih terlalu banyak, rasanya PUBGET bisa membantu Anda menghemat waktu.

PUBGET hadir dengan solusi menghemat waktu mengunduh (download) jurnal-jurnal dalam bentuk PDF. Coba kita telusuri, apa yang kita lakukan untuk mengunduh file PDF jurnal?
  • Masuk ke Go PubMed atau Google Scholar
  • Memasukkan kata kunci pencarian
  • Muncullah daftar hasil pencarian yang begitu buanyak
  • Membaca cepat judul-judul artikel
  • Skimming abstract
  • Memutuskan apakah ingin membaca artikel secara lengkap
  • Mencari-cari link dan mengikutinya hingga artikel lengkap muncul di layar (Untuk artikel berbayar, Anda harus memasukkan login account lebih dulu).
  • Wah, artikel yang bagus! Unduh PDF-nya. Ups, mana link untuk mengunduhnya? Cari-cari link PDF. Ketemu! Klik > Simpan di Harddisk.

PUBGET memungkinkan kita untuk memotong setidaknya 2 langkah terakhir. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya.

  • Masuk ke situs PUBGEThttp://pubget.com/search 
  • Untuk kali pertama, kita bisa sign-up untuk memperoleh account, jika punya account Google/Gmail, account tersebut bisa digunakan.
  • Akses ke jurnal-jurnal bisa dilakukan melalui institusi kita (universitas, lembaga penelitian, dll) yang berlangganan jurnal-jurnal tertentu. Kita bisa memilih institusi kita melalui daftar yang ada atau memasukkan institusi kita ke dalam list. Nantinya semua jurnal yang dilanggan oleh institusi kita bisa langsung diakses, cukup sekali login dan tidak perlu login berulang-ulang.

Apa yang Mudah dan Kelebihan pada PUBGET?

Pencarian bisa dilakukan dengan dua cara, menjelajah artikel terkini pada jurnal-jurnal tertentu atau dengan memasukkan kata kunci pencarian. Semuanya ada di halaman utama pencarian. Hasil pencarian akan muncul dengan menampilkan daftar hasil pencarian di jendela sebelah kiri dan abstrak atau PDF lengkapnya di jendela sebelah kanan (untuk jurnal yang FREE atau kita punyai hak aksesnya, ditandai dengan logo PDF). Kita dapat melakukan skimming abstract dengan mengklik judul-judul artikel di jendela kiri. Artikel-artikel yang menarik dapat kita tandai dengan mengklik link “KEEP” untuk dimasukkan ke perpustakaan pribadi “keepers”.
Tampilan tanpa hak akses, hanya abstraksi jurnal saja
Tampilan dengan hak akses, full PDF

So, untuk mengunduh PDF, tinggal klik ikon “save” dan simpanlah di harddisk. Simple sekali bukan? Selamat menjelajah jurnal.

Cara Lain:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


2 comments:

Artikel Islami on May 4, 2010 at 12:11 AM said...

wah terima kasih infonya ni sob..

oh ya..terima kasih ya.. saya sudah follow juga

FaiK Fauzi MuLaCheLLa on May 4, 2010 at 11:47 PM said...

@Artikel Islami

Iya Sobat Terima kasih kembali. Senang bisa membantu,,

Terima kasih juga dah follow,,,,

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp