Thursday, December 10, 2009

Fakta Di Balik Pil Diet


Browse » Home » » Fakta Di Balik Pil Diet

img

Banyak orang yang tergiur dengan pil diet atau suplemen-suplemen penurun berat badan. Tak peduli aman atau tidak, jika tampilan dan iklannya cukup meyakinkan, langsung saja beli. Tapi tahukah Anda bahwa tidak ada satu pil diet pun yang benar-benar efektif?

Seperti dikutip dari Bettyconfidential, ada 5 bahan aktif yang biasanya ada dalam pil atau suplemen diet. Meski belum mendapat izin dari Food and Drug Administration (FDA) tapi banyak produsen yang nekat menjualnya. Waspadalah dan jangan langsung percaya dengan khasiat semu 5 zat berikut ini.


1. Hoodia
Diproduksi dari tanaman Afrika yang biasanya digunakan sebagai bahan alami pembuka hidangan maupun penutup. Penduduk di Kalahari biasa mengonsumsinya saat melakukan perjalanan panjang dan beberapa studi membuktikan bahwa hoodia bisa mengurangi berat badan dari tikus percobaan. Namun belum ada penelitiannya pada manusia. Hoodia banyak digunakan di suplemen-suplemen tapi belum ada aturan dosisnya.

2. Ekstrak teh hijau
Kandungan zat kimia katekin dalam teh hijau sedikit banyak mempengaruhi metabolisme tubuh, terutama bagi mereka yang ingin kurus. Sebuah data menyebutkan, konsumsi teh hijau sebanyak 3-5 cangkir sehari bisa menurunkan berat badan. Namun studi yang menunjukkan efek penggunaan pil dengan kandungan ekstrak teh hijau ini masih sangat sedikit dan tidak bisa langsung disimpulkan. "Anda tidak bisa langsung menyebut pil itu bagus atau tidak, sampai ada studi skala besar yang membuktikannya," ujar Brent Bauer, MD, direktur Mayo Clinic’s Complementary and Integrative Medicine Program.

3. Bitter Orange
Kandungan ekstrak yang berasal dari citrus aurantium ini mengandung sejenis alkaloid yang mirip dengan ephedra, yaitu suplemen diet yang dilarang oleh FDA pada tahun 2004. Seperti ephedra, bitter orange (jeruk pahit) ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak normal. Jadi sebaiknya dihindari bagi mereka yang punya penyait jantung.

4. Hydroxycitric Acid (HCA)
Bahan ini diambil dari pepohonan di kawasan Asia Tenggara dan banyak digunakan sebagai penekan nafsu makan. Namun seperti hoodia, HCA baru diuji cobakan pada tikus, belum pada manusia. Jadi tidak ada jaminan bahan ini benar-benar bisa membuat tubuh kurus atau langsing.

5. Guar Gum
Terbuat dari tanaman guar, biasa dijual dalam bentuk tepung dan digunakan untuk membuat kue. Struktur kimia alami yang terdapat dalam bahan ini bisa menciptakan perasaan kenyang dan menurunkan selera makan. Menurut data dari Mayo Clinic, bahan ini belum terbukti menurunkan berat badan bahkan cenderung menimbuilkan diare, perut kembung atau gangguan pencernaan jika tidak diimbangi dengan air yang cukup.

Yang harus ditanamkan di pikiran adalah tidak ada satu pil atau suplemen apapun yang bisa menggantikan kedudukan olahraga dan mengatur kalori yang masuk dan keluar untuk bisa menurunkan berat badan. Daripada buang-buang uang untuk membeli pil diet dan suplemen semacamnya, mulailah dengan rutin berjalan kaki sejam setiap harinya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp