Friday, October 16, 2009

Waspadai Penggunaan Antioksidan Pada Penderita Diabetes


Browse » Home » » Waspadai Penggunaan Antioksidan Pada Penderita Diabetes

Antioksidan yang kini banyak dikemas dalam suplemen perlu diwaspadai untuk orang yang berisiko mengalami Diabetes tipe 2, menurut sebuah penelitian.
 
Antioksidan semakin banyak digaungkan seiring dengan kemampuannya menghadang radikal bebas yang mengakibatkan proses penuaan. Sehingga, banyak yang mengonsumsi melalui suplemen, selain memperoleh secara alami dari makanan. Dibalik manfaatnya, antioksidan juga memiliki kemungkinan efek samping terutama untuk orang yang memiliki risiko tinggi Diabetes tipe 2.

Para peneliti di Australia meragukan manfaat antioksidan, terutama untuk para penderita diabetes. Peneliti asal Monash University, Tony Tiganis mengatakan untuk penderita awal diabetes tipe 2, penelitian mengindikasikan antioksidan berakibat buruk seperti dilansir dari ozarksfirst.com..

Antioksidan biasa ditemukan dalam makanan atau suplemen yang dapat membantu mencegah kerusakan sel.

Para peneliti melakukan studi yang meneliti dampak oksidatif atau pernafasan pada tikus percobaan yang diberikan pola makan lemak tinggi selama 12 minggu.

Peneliti menemukan, tikus tersebut tidak memiliki enzim yang biasa disebut "Gpxl" yang menekan kondisi resistensi insulin terhadap tubuh, sebagai tanda dari gejala awal diabetes pada tikus normal.

Ketika tikus percobaan itu diberikan antioksidan, maka mereka justru akan lebih rentan mengalami resistensi insulin.

Tiganis mengatakan, penelitian menyarankan, antioksidan kemungkinan dapat berpengaruh terhadap kondisi resistensi insulin yang lebih cepat terutama untuk diabetes tipe 2.

Namun, dia menambahkan, studi itu baru dilakukan pada tikus percobaan dan belum diterapkan para percobaan manusia sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Related Posts:


Or

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik tombol subscribe di bawah untuk berlangganan gratis, dengan begitu Anda akan mendapat artikel terbaru via email dari www.faikshare.com


0 comments:

Blog Award

 

FaiK Share. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution of FaiK theme by FaiK MuLaCheLLa | Distributed by Blogger Templates Blog Corp